Bagi kami pertandingan besok itu partai final. Karena itulah saya menekankan pentingnya memperkuat aspek mental kepada anak-anak
Selangor, Malaysia (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola U-16 Indonesia menganggap laga melawan Australia di delapan besar Piala U-16 Asia 2018, Senin (1/10), adalah partai final.

Menurut pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini, hal itu karena partai kontra Australia merupakan laga penentu apakah Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia U-17 tahun 2019 atau tidak.

"Bagi kami pertandingan besok itu partai final. Karena itulah saya menekankan pentingnya memperkuat aspek mental kepada anak-anak," ujar Fakhri Husaini di Selangor, Malaysia, Minggu.

Aspek mental menjadi vital, menurut Fakhri, karena anak-anak asuhnya sangat antusias dan bermotivasi tinggi menyambut pertandingan tersebut. 

Fakhri Husaini tidak ingin hal itu berubah menjadi kepercayaan diri yang berlebihan.

"Saya mencoba mengendalikan itu supaya tidak menjadi bumerang kepada tim. Mereka harus hormati lawan, tetapi tak perlu khawatir apalagi sampai minder," kata pelatih asal Aceh tersebut.

Meski demikian, Fakhri Husaini yakin dengan ketangguhan mental para pemainnya. Hal itu ditunjukkan ketika mereka menundukkan timnas Thailand di Thailand saat menjalani kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 pada September 2017 dan mengalahkan tuan rumah Jepang untuk menjadi juara di turnamen remaja U-16 Jenesys tahun 2018.

Adapun pertandingan babak perempat final Piala U-16 Asia 2018, Indonesia versus Australia akan digelar pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, mulai pukul 16.30 waktu Malaysia atau 15.30 WIB.

Pemenang laga ini dipastikan melaju ke Piala Dunia U-17 tahun 2019, mengisi satu slot tempat untuk empat tim U-16 terbaik dari Asia.

Australia sendiri lolos ke delapan besar setelah merebut "runner up" Grup D dengan mengoleksi enam poin dari tiga laga. 

Di grup, Australia menelan sekali kekalahan yakni kala berhadapan dengan Korea Selatan di mana mereka takluk 0-3.

Indonesia sendiri berhasil menyegel satu tempat di perempat final usai menjadi juara Grup C dengan catatan satu kemenangan dan dua hasil seri dari tiga pertandingan.

Baca juga: Timnas U-16 pertajam taktik untuk hadapi Australia
Baca juga: Hadapi Australia, Indonesia bertekad benahi pemanfaatan bola mati
Baca juga: Indonesia hadapi Australia di perempat final

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018