Beijing (ANTARA News) - Presiden China Xi Jinping menyampaikan duka cita yang mendalam atas banyaknya korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.
    
Dalam pesannya yang dikirimkan kepada Presiden RI Joko Widodo, Minggu, Presiden Xi mengaku sangat terkejut begitu mengetahui kuatnya guncangan gempa yang diikuti oleh gelombang tsunami menerjang wilayah Indonesia itu hingga menimbulkan banyaknya korban jiwa dan merusakkan sejumlah bangunan.
    
Atas nama pemerintah dan rakyat China serta atas nama pribadi, Xi menyampaikan belasungkawa kepada korban dan bersimpati kepada keluarga korban serta masyarakat yang terdampak bencana tersebut.
    
Dengan menyebut Indonesia sebagai tetangga yang baik bagi China, Xi mengatakan bahwa rakyatnya turut bersedih dan siap memberikan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.
    
Presiden China merasa yakin bahwa di bawah kuatnya kepemimpinan Presiden Jokowi dan jajaran pemerintahannya, rakyat Indonesia mampu mengatasi persoalan pascabencana tersebut, tulis Kantor Berita Xinhua.
    
Provinsi Sulteng diguncang gempa secara beruntun dengan kekuatan bervariasi 6,0; 7,4; dan 6,1 pada Skala Richter, Jumat (28/9).
    
Sampai saat ini jumlah korban meninggal dunia mencapai 832 orang dan 540 orang mengalami luka-luka serta 16.732 orang melarikan diri saat bencana itu terjadi.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018