Jakarta (ANTARA News) - Fiorentina berhasil memanjat naik ke peringkat ke-3 di klasemen sementara berkat kemenangan 2-0 atas tamunya Atalanta pada pertandingan lanjutan pekan ke-7 yang dimainkan di Stadion Artemio Franchi, Florence, Italia, Minggu WIB.

Kedua gol penentu kemenangan Viola itu tercipta berkat penalti Jordan Veretout dan Cristiano Biraghi, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia.

Fiorentina pada laga sebelumnya menelan kekalahan dari Inter Milan dan merasa frustrasi terhadap kepemimpinan wasit, namun mereka menjamu Atalanta yang puasa kemenangan sejak disingkirkan Copenhagen dari Liga Europa.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Italia, Fiorentina buntuti Juventus

Empat pertemuan terakhir kedua tim berujung hasil imbang. Atalanta tidak pernah mengalahkan Fiorentina sejak kemenangan 2-0 di Bergamo pada April 2012, mencatatkan sepuluh kekalahan, dan empat hasil imbang. Kemenangan tandang terkini untuk Orobici adalah kemenangan 1-0 pada Januari 1993.

Fiorentina membuka keunggulan pada menit ke-63 melalui penalti Veretout. Penalti itu diawali pergerakan Federico Chiesa yang masuk ke kotak penalti dan Rafael Toloi menyenggolnya, namun semestinya tidak cukup keras untuk menjatuhkannya. Chiesa terlihat jelas mengharapkan terjadinya kontak agar dapat jatuh, namun wasit tetap bersikukuh pada keputusannya dan Veretout sukses menjalankan tugasnya.

Pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini kemudian memasukkan Emiliano Rigoni dan ia langsung mendapat peluang ketika sepakannya mengenai tiang jauh setelah Alban Lafont mengirimkan umpan silang.

Namun saat Atalanta berusaha keras menyamakan kedudukan, Fiorentina justru menggandakan keunggulan. Biraghi melepaskan tendangan bebas fantastis yang ditepis Pierluigi Gollini ke sudut atas gawang, namun bola telah melewati garis gawang.

Baca juga: Sampdoria imbang 1-1 dengan tamunya Fiorentina

Torino berhasil naik enam strip untuk menghuni peringkat ke-9 berkat kemenangan tipis 1-0 di kandang tim juru kunci Chievo. Gol semata wayang di pertandingan itu dibukukan Simone Zaza dua menit sebelum laga usai.

Kemenangan di kandang lawan juga didapat Genoa yang bertamu ke markas tim promosi Frosinone. Dua gol Krzysztof Piatek hanya dapat dibalas satu gol oleh Frosinone yang masih terperangkap di zona degradasi.

Nasib berbeda dialami Bologna yang meninggalkan zona degradasi untuk menduduki posisi ke-14, berkat kemenangan 2-1 atas tamunya Udinese. Tim tamu sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Ignacio Pussetto (32'), namun gol-gol yang dikemas Federico Santander (42') dan Riccardo Orsolini (82) memastikan kemenangan Rossoblu.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Italia:

Fiorentina (4-3-3): Lafont, Milenkovic, Pezzella, Vitor Hugo, Biraghi, Benassi (Edimilson 33), Veretout, Gerson (Laurini 81), Chiesa, Simeone, Pjaca (Mirallas 55)
Pelatih: Stefano Pioli

Atalanta(3-4-1-2): Gollini, Toloi, Mancini (Rigoni 70), Palomino, Castagne (Ali Adnan 77), De Roon, Freuler (Barrow 80), Hateboer, Pasalic, Duvan Zapata, Gomez
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018