Jakarta (ANTARA News) - Gervinho mengemas gol semata wayang untuk membawa Parma menang 1-0 atas Empoli pada pertandingan lanjutan Liga Italia yang dimainkan di Ennio Tardini, Parma, Italia, pada Senin dini hari WIB.

Kemenangan ini sekaligus membawa Parma naik tiga posisi ke peringkat ke-9, sedangkan Empoli kini harus menghuni posisi ke-18 dengan koleksi lima poin, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Italia.

Penyerang Pantai Gading Gervinho mencetak gol ketiganya dari lima pertandingan untuk mengamankan kemenangan Parma, meski Empoli kurang beruntung karena memiliki dua peluang yang digagalkan tiang gawang.

Baca juga: Gol indah Gervinho hiasi kemenangan Parma atas Cagliari

Ini merupakan pertemuan antara dua tim promosi, di mana pada musim lalu saat masih berkompetisi di Serie B Empoli mengalahkan Parma pada pertandingan kandang dan tandang. Ducali hanya mencatatkan satu poin saat menghadapi lawannya tersebut sejak menang 4-1 di Stadion Castellani pada Maret 2009.

Empoli memulai pertandingan meyakinkan, Miha Zajc mengelabui pengawalnya untuk menyambar operan Giovanni Di Lorenzo, yang memaksa kiper Luigi Sepe melakukan penyelamatan sulit.

Tetapi justru Parma yang mampu mengemas gol pada menit ke-33, ketika Antonio Barilla merebut bola dan mengirim umoan terobosan, untuk dikejar Gervinho yang berlari menjauhi Frederic Veseli dan kemudian menaklukkan kiper Pietro Terracciano.

Empoli berpikir mereka telah menyamakan kedudukan melalui sepakan terakhir babak pertama, ketika Di Lorenzo menggulirkan bola ke kotak penalti, di mana Zajc meneruskannya dengan sepakan kaki kirinya namun bola membentur tiang gawang. Ini merupakan ketiga kalinya sepakan Zajc mengenai tiang gawang.

Tidak lama babak kedua bergulir, peluang Empoli kembali dipatahkan tiang gawang, kali ini sepakan tumit Ciccio Caputo dari umpan silang mendatar Zajc mengenai tiang jauh.

Gervinho mendapat masalah otot dan ditarik keluar lapangan, dan Empoli meningkatkan tekanan, umpan silang Di Lorenzo berubah menjadi tembakan yang dapat ditepis Sepe ke atas mistar gawang.

Pada 25 menit terakhir, Empoli berjuang keras menyamakan kedudukan dan Parma mengandalkan serangan balik, namun tidak tercipta gol tambahan.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Parma (4-3-3): Sepe, Iacoponi, Bruno Alves, Gagliolo, Dimarco (Gobbi 46), Rigoni, Stulac, Barillà, Gervinho (Di Gaudio 50), Ceravolo (Gazzola 70), Siligardi
Pelatih: Roberto D'Aversa

Empoli (4-3-1-2): Terracciano, Di Lorenzo, Silvestre, Maietta, Veseli, Bennacer (La Gumina 87), Rasmussen, Krunic (Traore 70), Zajc, Mraz (Mchedlidze 59), Caputo
Pelatih: Aurelio Andreazzoli

Baca juga: Investor China beli 60 persen saham klub Parma

Baca juga: Parma kembali ke Liga Italia setelah promosi tiga kali berturut turut



 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018