Jakarta (ANTARA News) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang terjadi di daerah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk dan mengirim Satgas Peduli Bencana Pemprov DKI Jakarta  yang berjumlah 83 orang.

Satgas yang terdiri dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta ini, dilepas secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Senin pagi dengan secara simbolis diberikan perlengkapan kepada Tim Satgas.

"Hari ini ada di depan kita semua, 83 personil yang akan diberangkatkan ke Sulawesi Tengah. Saudara-saudara, ini adalah sebuah kehormatan, mewakili Ibu Kota untuk hadir di sana. Datangi para korban dengan senyum dan sepenuh hati. Kerjakan tugas ini dengan membawa hati, insyaAllah akan diterima dengan sepenuh hati oleh warga di sana. Kita hadir untuk membereskan fase pertama bencana di sana. Sesudah itu, kita monitor dan berkomunikasi terus dengan seluruh jajaran pejabat Pemerintah Pusat yang bertugas di lapangan," kata Anies.

Tim Satgas Peduli Bencana Pemprov DKI Jakarta yanv mulai berangkat ke Sulawesi Tengah tanggal 1 Oktober 2018 dengan menggunakan maskapai penerbangan komersial ini, dipimpin oleh Salman Anshori.

Para personil Tim Satgas yang diberangkatkan untuk membantu penanganan korban pasca gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada Jumat, 28 September 2018 lalu tersebut, akan bertugas sampai dengan Rabu, 10 Oktober 2018 atau sepuluh hari. 

"Semua akan diberangkatkan mulai hari ini dan insyaAllah akan bertugas, penugasan pertama sampai dengan 10 Oktober 2018. Karena itu, saya mengajak (warga Jakarta) di sini, kita yang tidak berangkat bukan berarti tak berbuat, mari kita sumbangkan apa yang kita miliki dan kita siapkan Balaikota menjadi salah satu tempat penampungan sumbangan warga Jakarta untuk (para korban) di Palu dan Donggala. Selamat bertugas, jalankan dengan tuntas dan kami tunggu saudara kembali ke Ibu Kota dalam keadaan sehat wal’afiat dan membanganggakan kita semua," ujar Anies.

Adapun SKPD Pemprov DKI Jakarta yang tergabung dalam Tim Satgas Peduli Bencana Pemprov DKI Jakarta untuk Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sebagai berikut:
1. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta: 10 orang
2. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta: 10 orang
3. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta: 20 orang (terdiri dari dua dokter spesialis ortopedi, satu spesialis obgin, satu spesialis anak, satu spesialis bedah umum, satu spesialis anastesi, empat dokter umum, sembilan perawat dan satu apoteker)
4. BAZIS Provinsi DKI Jakarta: lima orang
5. Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta: 20 orang
6. Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta: 10 orang
7. Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta: dua orang
8. Biro Administrasi Setda Provinsi DKI Jakarta: satu orang
9. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta: empat orang
10. Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi DKI Jakarta: satu orang

Sementara itu, bantuan yang diberikan di antaranya:
1) BPBD Provinsi DKI Jakarta
• Terpal: 50 lembar
• Mukena: 200 buah
• Tenda Posko ukuran 4x4: dua buah
• Sarung: 100 buah
• Pakaian Seragam: 50 buah
2) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta
• Kantong Mayat: 30 buah
3) Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta
• Kain Kafan: 75 buah
• Kantong Mayat: 75 buah
4) Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
• Selimut: 150 lembar
• Terpal: 25 buah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018