Pesawat membawa bantuan solar untuk pemulihan pascabencana alam gempa dan tsunami di Palu dan Donggala
Jakarta (ANTARA News) -  PT Pertamina (Persero) mengirimkan 4.000 liter solar ke Palu, Sulawesi Tengah dengan menggunakan pesawat jenis air tractor dari Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, Senin.

Berdasarkan rilis yang diterima di Jakarta, Senin, pesawat tipe AT 802 itu membawa bantuan solar untuk pemulihan pascabencana alam gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Pesawat milik PT Pelita Air Service diterbangkan Captain Benjamin pada Senin pukul  06.45 Wita dari Tarakan dan mendarat di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu pukul 09.05 Wita.

Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region VII Pertamina Roby Hervindo menyatakan pasokan solar tersebut dikirim dari Terminal BBM Tarakan, Kalimantan Utara, sebagai bentuk aksi tanggap darurat memaksimalkan pendistribusian BBM di Palu dan Donggala pascagempa dan tsunami.

Selain mengoptimalkan suplai BBM dari terminal BBM di sekitar Sulawesi, Pertamina juga mengerahkan pengiriman BBM dengan menggunakan pesawat air tractor itu.

Selama ini, pesawat khusus ini digunakan mendistribusikan BBM ke wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) khususnya Krayan, Nunukan Kaltara dan Puncak Jaya, Papua, dalam rangka Program BBM Satu Harga.

Baca juga: Pertamina terus salurkan solar untuk PLN dan rumah sakit di Palu-Donggala
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018