Jakarta (ANTARA News) - Layanan transportasi Jakarta, Trans Jakarta menargetkan 800.000 penumpang per hari selama perhelatan Asian Para Games pada 6-13 Oktober mendatang dan diharapkan banyak warga mulai mencoba menggunakan moda transportasi tersebut.

"Top skor kami per hari 721.000 penumpang. Kami mengejar supaya bisa pada saat Para Games itu bisa 800.000 penumpang per hari," ujar Direktur Utama Trans Jakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Senin.

Untuk mencapai target tersebut, Trans Jakarta memberikan layanan gratis setiap akhir pekan selama perhelatan Asian Para Games.

"Pada saat Asian Para Games, Pak Gubernur menugaskan untuk kami bisa melayani secara maksimal, Sabtu-Minggu gratis, kami berharap ini bisa dimanfaatkan warga," kata dia.

Budi merasa yakin Trans Jakarta mencapai hal tersebut, pasalnya dia bisa melayani lebih dari 18 juta penumpang pada Agustus dan September lalu dan dia berharap angka itu bisa bertahan bahkan terus meningkat dengan banyaknya penumpang baru transjakarta.

"Agustus itu pelanggan yang kami layani 18 juta 134 ribu, September 18 juta 120 ribu, selisih 14 ribu secara month to month dalam sebulan. Tapi jangan lupa, Agustus itu 31 hari, September 30 hari. Kalau dari data kami, kenaikan penumpang sekitar 3,5 persen," ucap Budi.

Hal tersebut, kata Budi, sangat baik yang menunjukan masyarakat sudah menggunakan transportasi umum saat bepergian walau tak lepas dari faktor banyaknya kebijakan yang mendukung seperti perluasan ganjil-genap.

"Ini menunjukan meningkatnya minat masyarakat dan berpidah ke armada kami. Sekarang tugas kami pertahankan servis agar masyarakat tetap tertarik hingga mengandalkan transportasi publik," ujar Budi menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018