Makassar, (ANTARA News) - Malam peduli bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kota Makassar dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel berhasil mengumpulkan dana Rp6,1 miliar.

  "Kehadiran kita malam ini, merupakan wujud kepedulian kita pada Palu dan Donggala," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang menggagas kegiatan ini di Makassar, Senin (1/10) malam.

 Penggalangan dana ini dilakukan dengan cepat, dan digagas gubernur setelah meninjau kondisi para korban.

 "Saya keliling ke rumah sakit jam 12 malam. Itu rata-rata patah (tulang) dan sungguh menyedihkan sekali. Saya tanya mereka, keluarga tidak tahu lagi, dan dia bilang kami ini, pakaian yang kami pakai, satu-satunya harta kami, sehingga saya tadi pagi berkumpul sama teman-teman Pemprov bagaimana kalau kita sama-sama membantu mereka," katanya.

Ia juga menyampaikan, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman telah menghimpun donatur-donatur yang bantuannya akan dilepas hari Kamis (4/10), dengan jumlah logistik sekira 200 truk. 

 "Dananya dari Jakarta tetapi dibelanjakan di Makassar," tambahnya.

 Ia juga menggagas agar semua unsur yang ada di Sulsel bekerja sama, memberi sumbangsih untuk membangunkan rumah.

 "Mudah-mudahan kita cukup mengambil bagian untuk membangunkan rumah sehingga mereka bisa kembali hidup secara normal," katanya.  

Baca juga: Warga Sigi butuh bantuan segera
Baca juga: BMKG petakan daerah rendaman tsunami Palu-Donggala

 

Pewarta: Nurhaya J Panga
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018