Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor (TAM) menaikkan harga Voxy, Rush, dan Agya serta Calya pada Oktober 2018 menyusul kenaikan biaya produksi dan pelemahan nilai tukar rupiah.

"Dalam menentukan harga, banyak faktor yang mempengaruhi. Baik dari faktor internal maupun eksternal," kata Eksekutif GM PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto kepada Antaranews di Jakarta, Selasa.

Pihaknya telah mempertimbangkan secara matang penyesuaian harga yang dilakukan terhadap MPV medium (Voxy), model terbaru SUV yang sedang laris (Rush), dan dua LCGC (low cost and green car) yaitu Agya dan Calya.

"Penyesuaian (harga) ini sudah dipertimbangkan dan disiapkan jauh-jauh hari dengan melihar beberapa faktor, misalnya saja exchange rate, cost produksi, dan masih banyak lagi," kata Soerjo panggilan Fransiscus Soerjopranoto.

Adapun kenaikan harga ke empat model tersebut adalah Voxy naik sekitar Rp4 juta menjadi Rp458.250 juta per unit.

Toyota All New Rush naik sekitar Rp2,1 juta per unit sehingga empat varian dibandrol dengan harga mulai dari Rp242,150 juta (untuk varian G M/T) sampai dengan Rp263,550 (TRD Sportivo A/T) juta per unit.

Sementara duo LCGC, Agya dan Calya naik
masing-masing Rp1,6 juta per unit.

Harga Toyota Calya kini dibandrol mulai dari Rp134,35 juta (untuk varian standar MT/C) sampai dengan Rp154,70 juta (untuk varian 1.2 G A/T) per unit.

Sedangkan Toyota New Agya kini harganya mulai dari Rp135,15 juta (untuk varian 1.0 G M/T) sampai Rp155,550 juta (untuk varian 1.2 A/T TRD) per unit.

"Kenaikan yang kami lakukan ini tentu tetap mengedepankan customer sebagai pertimbangan utama," ujar Soejo. 


Baca juga: Daftar harga mobil MPV di bawah Rp250 juta

Baca juga: Daftar MPV bekas harga di bawah Rp 100 juta
Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018