PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung tanggal 5 Oktober 2018
Jakarta, (ANTARA News) - Kompetisi Liga 1 kembali digulirkan 5 Oktober setelah dihentikan oleh PSSI terkait dengan kerusuhan suporter saat pertandingan Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Minggu (23/9).

Dampak dari kerusuhan tersebut satu Jakmania atau suporter Persija yaitu Haringga Sirilla meninggal dunia. Saat ini ada delapan oknum Bobotoh yang telah ditetapkan oleh Polrestabes Bandung, Jawa Barat.

Kepastian bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 ini berdasarkan surat dari PSSI yang ditanda tangani oleh Sekjen PSSI Ratu Tisha ke PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi dengan nomor surat 4302/UDN/1958/X-2018.

"Dengan telah diputuskannya hukuman kasus Persib dan Persija oleh Komdis dan mengakomodasi permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1," kata Ratu Tisha dalam keterangan resminya.

Baca juga: Persib harus jalani laga usiran dan tanpa penonton

"PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung tanggal 5 Oktober 2018,” katanya menambahkan.

Untuk teknis penjadwalan, PSSI selaku induk organisasi sepak bolah Indonesia menyerahkan sepenuhnya PT Liga Indonesia Baru sebagai operator. Salah klub Liga 1 yang sudah tidak sabar lagi menjalani ketatnya kompetisi ini adalah Persija Jakarta.

Sesuai dengan jadwal, tim yang berjuluk Macan Kemayoran ini akan menghadapi Perseru Serui, 6 Oktober. Hanya saja salah satu pemainnya yaitu Marko Simic baru saja mengalami kecelakaan. Namun kondisinya dinilai tidak ada kendala.

Direktur Utama Persija, Gede Widiade menjelaskan jika mantan pemain Melaka United tidak mengalami cedera akibat ini. Ia, seperti dijelaskan Gede, hanya mengalami luka ringan.

“Kondisi Simic baik-baik saja. Tidak ada luka serius. Hanya lecet di bagian tangan dan kaki. Simic tidak perlu ke rumah sakit. Malam itu ia sudah balik ke apartementnya," kata Gede pada laman resmi Persija.

Baca juga: Asprov PSSI DKI nilai penghentian Liga 1 kurang tepat



Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018