Barbie luncurkan koleksi batik pertama di dunia

Barbie luncurkan koleksi batik pertama di dunia

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Mattel luncurkan koleksi Barbie Batik Kirana di Jakarta, Selasa (2/10/2018). (Antara/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA News) - Bersamaan dengan perayaan Hari Batik Nasional, Barbie meluncurkan koleksi terbarunya yang bernama Barbie Batik Kirana.

Koleksi ini terinspirasi dari keberagaman budaya Indonesia dan merupakan hasil kerja sama antara Barbie dan Iwan Tirta Private Collection. Barbie Batik Kirana ini juga menjadi sebuah bentuk pembelajaran agar anak-anak bisa mencintai batik dan juga sebagai alat untuk promosi serta mendukung nilai budaya Indonesia.

"Iwan Tirta Private Collection senang dapat berkolaborasi dengan Barbie untuk meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik di kalangan generasi muda Indonesia," ujar Widharmika Agung, CEO Iwan Tirta Private Collection dalam peluncuran Barbie Batik Kirana di Jakarta hari ini.
 
Barbie Batik Kirana terdiri dari dua motif batik, "Kawung Manis" dan "Sawunggaling Latar Pecah Telor" (Antara/Maria Cicilia Galuh)

Ada dua Barbie Batik Kirana yang diluncurkan oleh Mattel yakni boneka dengan busana motif Kawung Manis dan Sawunggaling Latar Kopi Pecah. Kirana sendiri memiliki arti cahaya. Dari sanalah akhirnya diturunkan dan mendapatkan dua motif yang pas dengan arti nama Kirana.

Motif Kawung Manis menggambarkan harapan untuk selalu bijaksana, rendah hati dan ingat terhadap leluhur. Sedangkan motif Sawunggaling Latar Kopi Pecah menyimpulkan harapan bahwa seorang pemimpin sebaiknya berlaku adil dan menjaga keseimbangan sebagai seorang yang kuat dan baik hati.

"Dari arti Kirana itu kita turunkan menjadi motif-motif tadi. Jadi kita bercerita tentang batik dengan Barbie ini," terang Era Soekamto,  Creative Director Iwan Tirta Private Collection.

Baca juga: Insinyur robotika, koleksi terbaru Barbie

Untuk Barbie Batik Kirana "Kawung Manis" terdiri daru dua potong pakaian yakni atasan putih tanpa lengan dan rok batik bermotif "Kawung Manis" dengan bukaan di bagian depan. Satu setnya berisi kalung, tas dan sepasang sepatu.

Sedangkan Barbie Batik Kirana "Sawunggaling Latar Kopi Pecah" terdiri dari gaun hitam berbentuk A-line tanpa tali dalam pola batik. Satu setnya berisi sepasang anting, kalung dan sepasang sepatu.

Baca juga: Barbie luncurkan boneka edisi perempuan petinju

Barbie Batik Kirana ini dijual dengan harga Rp299.900 di semua gerai Barbie dan Iwan Tirta Private Collection.

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kreasi barbie berhijab diburu pembeli saat ramadhan

Komentar