Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) optimistis dapat merebut medali dalam SEA Games 2019 di Filipina menyusul keikutsertaan atlet-atlet muda dalam Olimpiade Remaja 2018.

"Kami selalu memantau peta persaingan dan kemajuan cabang renang dalam SEA Games. Kami yakin karena punya atlet seperti Farrel Armandio Tangkas dan Azel Zelmi Aryalingga yang masih memimpin pada kelas usianya," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E. Rahardjo dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Singapura, menurut Harlin, merupakan pesaing utama dalam SEA Games pada cabang renang. Tapi, atlet-atlet muda Indonesia masih mampu untuk menandingi selama mereka dapat mencapai target seperti Azel dengan dua menit pada nomor gaya punggung putra.

"Kami juga menargetkan atlet untuk lolos kualifikasi limit A menuju Olimpiade Tokyo 2020 yaitu pada posisi 14 besar dunia. Kami akan terus perbaiki mental atlet, nutrisi, pola pemanasan, serta penanganan cedera," katanya.

Pengurus Besar PRSI juga membutuhkan dukungan dari pengurus-pengurus daerah untuk mencetak atlet-atlet nasional yang kompeten sebagaimana Singapura melahirkan atlet Joseph Schooling.

Pelatih renang Indonesia David Armandoni mengatakan atlet-atlet muda Indonesia seperti Azel, Farrel, serta atlet putri Azzahra Permatahani dan Adinda Larasati Dewi akan mendapatkan pengalaman berharga dalam kompetisi internasional dengan keikutsertaan mereka dalam Olimpiade Remaja 2018 di Buenos Aires pada 6-18 Oktober.

"Kami menetapkan target secara realistis karena empat atlet muda kami berada pada peringkat 11, 10, sembilan, dan delapa dunia. Tapi, mereka perbaikan waktu untuk dapat bersaing dengan atlet-atlet dunia," ujar David.

Empat atlet muda renang Indonesia itu akan turun pada perlombaan cabang renang Olimpiade Remaja 2018 yang berlangsung pada 7-12 Oktober 2018.

Pada Olimpiade Remaja 2018, Indonesia menurunkan 18 atlet pada delapan cabang olahraga yaitu angkat besi, atletik, bola basket, bola voli pantai, bulu tangkis, golf, menembak, dan renang.

Sebanyak 3.998 atlet berusia 15-18 tahun dari 206 negara akan mengikuti pertandingan 32 cabang olahraga Olimpiade Remaja 2018 di Buenos Aires, Argentina, pada 6-18 Oktober.

Baca juga: Empat perenang Indonesia bidik final Olimpiade Remaja

 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018