Singapura (ANTARA News) - Juara AS Terbuka Naomi Osaka menjadi petenis ketiga yang memastikan diri sebagai kontestan turnamen penutupan musim, WTA Finals, pada bulan depan, setelah atlet Jepang berusia 20 tahun itu memiliki cukup poin di Singapore untuk bisa berlaga di ajang turnamen delapan petenis putri itu.

Pada awal September, Osaka menjadi petenis Jepang pertama yang menjuarai turnamen kelas Grand Slam di New York dengan menang dua set langsung atas jagoan tuan rumah Serena Williams, sebelum kemudian tunduk di partai final Pan Pacific Open dari petenis Ceko Karolina Pliskova di Jepang.

Kemenangan Osaka dalam pertandingan pembukaan China Terbuka di Beijing, China, Senin (1/10) setempat, ia bergabung dengan petenis nomor satu dunia asal Rumania Simona Halep dan juara Wimbledon asal Jerman Angelique Kerber sebagai pemain yang lolos ke WTA Finals.

"Lolos kualifikasi ke WTA Finals adalah prestasi besar," kata Osaka sebagaimana dilansir Reuters.

"Memenangi WTA Rising Stars Invitational pada 2015 cukup membantu percaya diri saya untuk bisa bermain di pentas yang lebih besar, dan saya senang bisa kembali ke Singapura dan bertanding melawan para petenis top musim ini," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Osaka lewati rintangan pertama dengan mudah di China Terbuka

Baca juga: Pliskova kalahkan Osaka di final Pan Pacific Terbuka


Sementara itu petenis Ceko Petra Kvitova dan juara Australia terbuka Caroline Wozniacki dari Denmark, yang memenangi WTA Finals tahun-tahun lalu, juga sedang berjuang untuk bisa lolos ke Singapura namun tetap harus bersaing untuk berebut tiga tempat lagi.

Petenis AS Sloane Stephens, petenis Ukraina Elina Svitolina, petenis Ceko Karolina Pliskova dan Kiki Bertens dari Belanda juga akan bertarung untuk mendapatkan tempat itu untuk bisa lolos ke turnamen yang akan berlangsung 21-28 Oktober mendatang.

WTA Finals untuk kelima kali dan terakhir kalinya bakal digelar di Singapura tahun ini, selanjutnya mulai 2019 hingga setidaknya 2028 akan diboyong ke Shenzhen, China.

Baca juga: Naomi Osaka juara AS terbuka

Baca juga: Kemenangan Naomi Osaka dan bayang-bayang Serena Williams

Pewarta: ANTARA
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018