Jakarta (ANTARA News) - Ratusan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan aksi gerebek sampah di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Selasa-Rabu (3/10) dalam rangka menyukseskan Asian Para Games 2018 yang digelar 6-13 Oktober 2018.

"Kesuksesan ibu kota dalam pelaksanaan Asian Games yang lalu, ingin kami pertahankan saat Asia Para Games. Keduanya hajat bangsa yang harus dipastikan berlangsung dengan baik dan didukung penuh sesuai arahan Bapak Gubernur," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji saat memimpin pelaksanaan gerebek sampah di Jakarta, Selasa.

Isnawa mengerahkan 300 personel dalam gerebek sampah kali ini, yakni dari Suku Dinas LH Jakarta Pusat sebanyak 100 orang, Jakarta Utara (35), Jakarta Selatan (35), Jakarta Barat (25), Jakarta Timur (25), Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air 60 orang dan pengawas lapangan sebanyak 20 orang. 

Sementara itu, armada berupa truk besar sebanyak enam unit, mobil "pick up" 16 unit, "road sweeper" empat unit, traktor atau "shovel loader" satu unit dan bus toilet dua unit juga dikerahkan.

Dinas Lingkungan Hidup juga akan mendukung kebersihan di setiap venue saat Asian Para Games berlangsung, yaitu dengan mengerahkan petugas kebersihan, bus toilet, "street sweeper", truk sampah dan menyediakan tempat-tempat sampah selama ajang internasional tersebut.

"Selain di GBK Senayan, petugas juga dikerahkan di Kawasan Wisma Atlit Kemayoran, Tanjung Priok Youth Arena, Jaya Ancol Bowling Center, Klub Kelapa Gading, Cempaka Putih Youth Arena, JI Expo, Jakarta International Velodrome, Balai Sudirman dan POPKI Sport Building Cibubur," katanya.

Dinas Lingkungan Hidup DKI mengimbau aksi simpatik relawan kebersihan dan para penonton Tanah Air selama Asian Games lalu dengan meletakan sampah di tempatnya, gerakan mengumpulkan sampah di kursi-kursi penonton dan aksi simpatik pungut sampah di venue-venue kembali dilakukan. 

"Kita tunjukkan sekali lagi, kita bangsa yang beradab," ujarnya.  
 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018