Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai kombinasi batik dan hijab karya perancang Indonesia bisa memenangkan persaingan fesyen hijab di dunia.
 
Untuk itu, ia mengajak masyarakat Indonesia agar mengenakan batik, karena selain menjadi budaya asli bangsa, batik juga salah satu produk unggulan yang berperan besar dalam ekonomi kreatif.

"Batik merupakan keunggulan bangsa Indonesia dan fesyen, menyumbang sangat besar dalam ekonomi kreatif. Gunakanlah keunggulan ini, batik, tenun dan sebagainya. Pakailah batik sebelum diambil orang lain," ujar dia saat menghadiri acara Celebrity Culture Festival 2018 di Jakarta, Selasa.

"Kalau modelnya, yang saya yakin bisa bersaing adalah hijab. Indonesia bisa menjadi mode fesyen hijab terbaik di dunia. Kombinasikan hijab ini dengan batik, tenun dan semuanya yang asli Indonesia," kata dia.

Arief menilai para selebiriti tanah air punya potensi besar membantu memenangkan persaingan ini, kemudian Kementrian Pariwisata berjanji akan mendukung selebiriti dalam hal ini.

Dia juga berharap Indonesia menjadi surga belanja wanita di seluruh dunia, kendati hal itu masih terhalang tax refund. Kementerian Keuangan dalam waktu dekat akan membicarakan masalah ini bersama para pengusaha.

"Kemenkeu mengundang teman-teman pengusaha membicarakan tax refund agar lebih mudah dan lebih banyak toko menyelenggarakan tax refund. Saya yakin kalau semua toko menyelenggarakan tax refund, Indonesia akan menjadi surga belanja wanita di seluruh dunia," kara Arief.
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018