Gempa bumi 4,8 sr guncang Luwu Timur

Gempa bumi 4,8 sr guncang Luwu Timur

Lokasi pusat gempa 3,6 skala richter di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Rabu malam (20/02/13) pukul 21:27 WIB. (BMKG)

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano
Makassar (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat adanya gempa bumi di Kabupaten Luwu Timur dengan kekuatan 4,8 Skala Richter, Selasa.

"Tepat pada pukul 17:45:20 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan," ujar Pelaksana Tugas Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Joharman di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan pusat gempa yang berada di darat pada jarak 54 kilometer barat laut wilayah Luwu Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 4,8 SR itu berada di koordinat episenter 2,10 lintang selatan (LS) dan 121,09 bujur timur (BT).

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano," katanya.

Baca juga: Longsor Luwu Timur tanggap darurat tujuh hari

Ia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako sebesar II SIG-BMKG (II-III MMI).  Gempa juga dirasakan oleh warga Palopo sebesar I SIG-BMKG (II MMI).

Meskipun demikian, Joharman mengatakan bahwa gempa itu tidak akan menimbulkan tsunami.

"Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti," ucapnya.

Joharman mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap bersikap tenang, serta memperbaharui terus informasi-informasi dari BMKG maupun BPBD.

Baca juga: Gempa 4,2 SR guncang Luwu Timur

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar