counter

Gubernur Jawa Barat rencanakan pelaksanaan shalat istisqa

Gubernur Jawa Barat rencanakan pelaksanaan shalat istisqa

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

...urusan dunia kita carikan, urusan spiritual juga kita usahakan...
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil merencanakan pelaksanaan shalat istisqa sebagai upaya untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan saat kemarau berlangsung lebih panjang.

"Dengan MUI Jawa Barat kita juga akan laksanakan salat istisqa, urusan dunia kita carikan, urusan spiritual juga kita usahakan," kata Gubernur Emil seusai melepasan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur`an Jawa Barat untuk MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 Sumatera Utara di Gedung Sate Bandung, Rabu.

Rencananya, salat sunat dua rakaat tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Gasibu. "Mungkin di depan ya, di Gasibu, teknis pelaksanaannya kapan nanti kita bahas dulu," kata dia.

Emil mengatakan beberapa waktu lalu dia mengamati kondisi Jawa Barat dan melihat sejumlah sungai dan waduk mulai mengering.

"Memang sepanjang yang saya lihat sungai kering, (air waduk) Jatiluhur juga turun hingga delapan meter, Jatigede juga saya monitor turun ada beberapa lokasi bekas kampungnya kelihatan lagi sungainya juga kering," katanya.

Dia mengimbau warganya hemat menggunakan air dan menginstruksikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menyalurkan air bersih ke daerah-daerah yang kekurangan air.

"Kedua PDAM sudah mulai diinstruksikan untuk memberikan program tangki air untuk wilayah yang kekurangan karena tidak ada suplai air bersih secara memadai dari pipa PDAM di seluruh Jabar," katanya.

Baca juga: 22 kabupaten/kota di Jawa Barat hadapi kekeringan
Baca juga: Di Jawa Barat, 9.311 hektare sawah kekeringan

 

Pewarta:
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar