Pelni juga menyiapkan tujuh kapal masuk ke Pantoloan untuk membantu warga yang akan mengungsi ke Makassar, Bau-bau, Balikpapan, Surabaya dan  Bontang
Jakarta (ANTARA News) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan tujuh kapal untuk mengangkut bantuan kemanusiaan dari dan ke Palu. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Ridwan Mandaliko di Jakarta, Rabu mengatakan ada tujuh titik pelabuhan pengiriman dan meliputi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tanjung Perak, Surabaya. Soekarno Hatta, Makassar. 

Pelabuhan  Nusantara Pare-pare, Pelabuhan Semayang, Balikpapan dan Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara serta Biak di Papua. 

“Pelni juga menyiapkan tujuh kapal masuk ke Pantoloan untuk membantu warga yang akan mengungsi ke Makassar, Bau-bau, Balikpapan, Surabaya dan Bontang,” jelasnya. 

Ridwan mengatakan pada Kamis (4/10) akan diberangkatkan  kapal Camara Nusantara 3 dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal serba guna ini rencananya akan berangkat pukul 16.00 WIB.

“Bagi warga yang akan mengirim barang bantuan kemanusiaan ke Palu, PT Pelni (Persero) membuka tenda registrasi bantuan di depan Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta mulai Rabu ini,” katanya.

Sedangkan tujuh kapal yang disiapkan terdiri KM. Dobonsolo, Ciremai, Bukit Siguntang, Lambelu, Labobar, Binaiya, Egon, serta  dua kapal Tol Laut terdiri Camus 3 dan KM. Lognus 1.KM. 

“Untuk membantu mobilitas bantuan kami mendapat penugasan dari Kemenhub untuk menyiapkan delapan kapal dan tujuh pelabuhan pengirman dari beberapa daerah, termasuk dari Jakarta disiapkan KM. Canus 3 dari Tanjung Priok,” katanya. 
Baca juga: Kemenhub-Pelni tambah kapal kemanusiaan ke Palu

Baca juga: Panglima TNI sebut warga Palu diangkut kapal Pelni

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2018