Pemprov Sumut apresiasi penerbangan Hong kong - Sumut

Pemprov Sumut apresiasi penerbangan Hong kong - Sumut

Bandara Internasional Kuala Namu Deli Serdang, Sumatera Utara, siap melayani penerbangan langsung Sumut - Hong Kong. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)


Medan, (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi dan mendukung penuh pembukaan penerbangan langsung Hong Kong - Sumut - Hong Kong yang dilakukan perusahaan group Cathay Pacific.

"Adanya penerbangan langsung Hong Kong -Sumut - Hong Kong yang dilakukan Cathay Dragon, anak perusahaan Cathay Pacifik menggembirakan karena akan mendorong perekonomian Sumut dari berbagai sektor," ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Medan, Rabu.

Dia mengatakan itu dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sumut Alwin dalam acara Pre -Launching Sumut - Hong Kong.

Dengan dibukanya penerbangan langsung, diharapkan ekspor Sumut ke Hong Kong meningkat. Bahkan investasi juga naik dan wisatawan meningkat.

Menurut Gubernur, berdasarkan data, ekspor Sumut ke Hong Kong terus meningkat walau dibandingkan impor masih lebih rendah.

Ekspor Sumut ke Hong Kong pada 2017 senilai 14, 22 juta dolar AS dengan produk antara lain ikan, udang, kopi dan produk sawit.

Sementara impor Sumut dari Hong Kong senilai 72,36 juta dolar AS antara lain ?besi dan baja, bahan kimia, pupuk dan garam

Regional Chairman Indonesia - Hong Kong Business Association Northern Sumatera Region, Rusmin Lawin mengatakan, penerbangan langsung itu diyakini akan memberi dampak positif bagi perekonomian Sumut secara menyeluruh.

"Akses penerbangan bukan hanya akan mendorong wisatawan, tetapi juga bisnis perdagangan dan investasi," katanya.

Apalagi, kata Rusmin Sumut dan Hong Kong sama - sama memiliki potensi besar dalam perekonomian.

Hong Kong menjadi pintu gerbang perdagangan dunia sehingga dengan akses yang terbuka langsung ke Sumut akan menjadi pendorong perekonomian Sumut.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo Sumut, Parlindungan Purba menyebutkan, asosiasi gembira terbukanya akses penerbangan.langsung Sumut - Hong Kong.

Dengan adanya penerbangan langsung, maka kalau selama ini ada ekspor ke negara itu melalui negara lain, maka nantinya bisa dilakukan secara langsung.

"Sumut diyakini banyak menerima manfaat mulai ekonomi, sosial dan pariwisata dengan terbukanya akses langsung Sumut - Hong Kong," ujar Parlindungan.

Assistant Manager Corporate Sales and Marketing/Jakarta Cathay Pacific, Ellice Baturusa, mengatakan, rute Hong Kong - Medan itu dilayani dengan pesawat jenis A320.

Adapun penerbangan dari Bandara Kualanamu - Hong Kong - Kualanamu,Sumut itu dijadwalkan tiga kali dalam seminggu.

Dengan jadwal Cathay Pacific melalui Cathay Dragon yang terkoneksi ke kota - kota di Republik Rakyat Tingkok maka akan memberi dampak positif bagi Sumut dan Hong Kong.

Baca juga: Ekspor karet Sumut turun 10, 80 persen

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Badan karantina pertanian lepas ekspor santan kelapa perdana di Sumut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar