Gunung Soputan masih erupsi hingga pagi ini

Gunung Soputan masih erupsi hingga pagi ini

Letusan stromboli Gunung Soputan terpantau dari Desa Lobu, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Rabu (3/10/2018). Letusan stromboli tersebut disertai leleran lava pijar ke arah Timur Laut, dengan estimasi jarak luncur 2500 m serta kolom letusan setinggi 2000-3000 m dari puncak. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Gunung Soputan masih erupsi hingga Kamis pagi, meluncurkan awan panas dan mengepulkan asap dengan tinggi hingga 2.000 meter dari puncak gunung.

"Dari dini hari sampai pagi ini masih terjadi letusan," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah di Silian, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa pada pukul 04.09 Wita terlihat luncuran awan panas ke arah timur laut dari puncak gunung disertai letusan stromboli setinggi 100-200 meter. "Kepulan asap putih kelabu juga terlihat dari puncak gunung, dengan estimasi ketinggian 1.000 sampai 2.000 meter," katanya.

Pukul 06.36 Wita terjadi lagi letusan dengan kolom abu setinggi 1.500 meter dari puncak gunung mengarah ke Minahasa Selatan. "Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal, dan condong ke barat dan barat laut," ujarnya.

Selain itu suara gemuruh dari puncak gunung masih terdengar di pos pemantau yang berjarak sekitar 10 kilometer dari puncak gunung.

Warga dan pendaki diminta tidak beraktivitas atau mendekati area dalam radius empat kilometer dari puncak gunung.

Baca juga:
Gunung Soputan meletus
Luncuran lava Gunung Soputan mencapai 2.500 meter
Gunung Soputan berstatus Siaga

 

Pewarta: Arthur Ignasius Karinda
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar