Saya titip pada Pak Menpora agar tim ini betul betul dijaga pemainnya, pelatihnya dijaga, official dijaga agar tetap kompak terus menanjak ke umur U-19 nantinya, dan juga dijaga menginjak ke tim senior nantinya."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo optimistis Timnas U-16 akan menjadi timnas kebanggaan Indonesia dalam 5-10 tahun mendatang jika konsisten dalam semangat berlatih dan meraih prestasi. 

"Saya optimis Timnas U-16 akan menjadi tim kebanggaan negara ini dalam 5, 10, 15 tahun yang akan datang," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta,  Kamis. 

Kepala Negara mengapresiasi perjuangan Timnas U-16 dalam pertandingan dengan tim dari negara lain. Ketika berhadapan dengan Iran, Timnas U-16 berhasil mengalahkan tim dari negara itu.

Ketika berhadapan dengan India,  Indonesia dapat menahan seri dan ketika berhadapan dengan Australia,  Indonesia unggul di babak pertama namun di babak kedua harus mengakui keunggulqn tim Australia. 

"Memang memerlukan kerja keras lagi untuk sebuah capaian yang lebih baik tapi kesempatan dan peluang masih banyak," kata Presiden Jokowi. 

Dalam kesempatan itu Kepala Negara meminta Kemenpora betul betul menjaga kekompakan Timnas U-16 baik menyangkut pemain,  pelatih maupun official. 

"Saya titip pada Pak Menpora agar tim ini betul betul dijaga pemainnya, pelatihnya dijaga, official dijaga agar tetap kompak terus menanjak ke umur U-19 nantinya, dan juga dijaga menginjak ke tim senior nantinya," kata Presiden Jokowi.

Kepada para pemain,  Presiden menilai mereka memiliki talenta dan bakat yang harus terus dikembangkan. 

"Saya titip agar terus menjaga semangat karena biasanya prestasi menurun setelah U-19, saya amati dari dulu seperti itu karena setelah U-19 biasanya adanya perubahan gaya hidup," katanya. 

Ia meminta para pemain sepak bola U-16 itu tetap menjaga semangat kerja keras mengejar prestasi. 

"Nanti misalnya sudah mulai banyak pendapatan, ditabung untuk hari hari depan kita. Jangan mengubah gaya hidup kita, tetap rendah hati, tetap kerja keras berjuang keras kalau ada pendapatan lebih ditabung," katanya. 

Ia menegaskan kalau para pemain U-16 betul betul bisa menjaga semangat kerja keras, Presiden optimistis Timnas U-16 akan menjadi tim kebanggaan Indonesia dalam waktu 5-15 tahun yang akan datang. 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018