Google akan buka Cloud region di Indonesia

Google akan buka Cloud region di Indonesia

Google Cloud berencana membuka cloud region di Indonesia. (ANTARA News/HO Google Indonesia)

Jakarta (ANTARA News) - Google Cloud mengumumkan rencana membuka Google Cloud region di Indonesia, sebagai komitmen mereka untuk pelanggan Google Cloud Platform.

“Google Cloud berkomitmen untuk melayani pelanggan GCP kami di Indonesia yang secara cepat berpartisipasi dalam ekonomi digital,” kata Managing Director Asia Pacific Google Cloud, Rick Harshman, di Jakarta, Kamis.

Divisi Google Cloud terdiri dari dua produk, yaitu G Suite berisi aplikasi-aplikasi yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen seperti Google Docs dan Gmail, serta Cloud Platform berupa jaringan dan infrastruktr untuk teknologi komputasi awan.

Cloud region, salah satu bagian dari Cloud Platform, merupakan lokasi tempat pelanggan GCP dapat menjalankan sumber daya. Cloud region terdiri dari sejumlah zona, yang menjadi tempat sumber daya cloud berjalan.

Keuntungan bagi pengguna GCP di Indonesia, mereka akan mendapatkan tingkat latensi yang rendah dan performa yang tinggi ketika menggunakan layanan cloud dari Google.

Google belum bersedia menyebutkan kapan Cloud region tersedia dan beroperasi di Indonesia, mereka belum memberikan waktu yang pasti, hanya menyebutkan “dalam beberapa bulan ke depan”.

Rencana Google Cloud region di Indonesia ini akan menjadi yang kedelapan setelah kota-kota besar lainnya di dunia, yaitu Mumbai, Singapura, Taiwan, Sydney dan Tokyo, selain rencana mereka untuk mmebuka di Osaka dan Hong Kong.


Baca juga: Tambah kualitas layanan, Blue Bird manfaatkan cloud
Baca juga: Google pamerkan kemudahan bekerja pakai cloud

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Indonesia akan bangun empat data center berbasis cloud

Komentar