Pada kesempatan ini, kami menegaskan kembali komitmen PLN untuk mengawal kesuksesan Asian Para Games 2018 dengan cara menjaga keandalan pasokan listrik sehingga ajang olahraga terbesar se-Asia untuk para atlet difabel ini dapat berjalan dengan lancar
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjamin pasokan listrik untuk pagelaran Asian Para Games 2018 di Jakarta sehingga bisa tetap beroperasi selama penyelenggaraan pesta olahraga tersebut.

“Pada kesempatan ini, kami menegaskan kembali komitmen PLN untuk mengawal kesuksesan Asian Para Games 2018 dengan cara menjaga keandalan pasokan listrik sehingga ajang olahraga terbesar se-Asia untuk para atlet difabel ini dapat berjalan dengan lancar,” kata M. Ikhsan Asaad, selaku General Manager PLN Disjaya di Jakarta, Jumat.

PLN Regional Jawa Bagian Barat melaksanakan apel siaga pada Jumat di Lapangan Apel PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) sebagai wujud komitmen dalam menjaga kehandalan pasokan listrik di 18 venue pertandingan, 2 venue latiham, 1 kawasan wisma atlet, dan lokasi strategis lainnya yang berada di DKI Jakarta.

Pasokan listrik untuk gelaran olahraga terbesar se-Asia untuk para atlet difabel ini bersumber dari 21 Gardu Distribusi dari 22 Gardu Induk dengan minimal 2 sumber/jalur pasokan berbeda yang dilengkapi dengan ACO (Automatic Change Over) untuk memindahkan pasokan listrik secara otomatis apabila salah satu sumber pasokan mengalami gangguan. 

Selain itu, PLN Disjaya juga menyiapkan sejumlah 16 unit Power Bank Express Power Service dengan total kapasitas 6.730 kVA untuk melayani additional power, 28 unit UPS (Uninterruptible Power Supply) dengan total kapasitas 5.470 kVA sebagai pasokan cadangan apabila terjadi gangguan pada sumber utama dan cadangan agar pasokan listrik untuk critical load tetap terjaga. 

PLN Disjaya juga menyiapkan 600 personel tim siaga untuk memastikan supply listrik aman sampai akhir penyelenggaraan acara.

Kapasitas daya mampu pasokan listrik di DKI Jakarta sendiri mencapai 11.550 MW sedangkan beban puncak pada saat pelaksanaan Asian Para Games 2018 diperkirakan mencapai 4.841 MW. 

Hal ini menunjukkan bahwa pasokan listrik DKI Jakarta berada pada posisi surplus dan masyarakat dihimbau untuk tidak mengkhawatirkan kekurangan pasokan listrik pada saat perhelatan Asian Para Games 2018 dilaksanakan.

Baca juga: Polisi siapkan tujuh titik pengalihan selama pembukaan APG 2018

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018