Pertemuan tahunan ini sangat prestise dan memiliki nilai strategis bagi Republik Indonesia. Untuk itu, menjadi kehormatan bagi kami ikut mendukung kelancaran dan kesuksesannya
Jakarta (ANTARA News) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mempersiapkan keandalan jaringan telekomunikasi dan data guna mendukung kelancaran pertemuan internasional IMF-Bank Dunia yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 8-14 Oktober 2018.

"Pertemuan tahunan ini sangat prestise dan memiliki nilai strategis bagi Republik Indonesia. Untuk itu, menjadi kehormatan bagi kami dari perusahaan untuk ikut mendukung kelancaran dan kesuksesannya," kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, perusahaan akan menjaga kualitas layanan telekomunikasi dan data, baik selama acara  berlangsung maupun sebelum dan sesudahnya.

Begitu juga, katanya, bukan hanya di area pertemuan saja, namun di seluruh Bali, terutama daerah-daerah wisata yang akan dikunjungi delegasi juga akan dijaga kualitasnya.

XL Axiata menyiapkan jaringan telekomunikasi data dari sisi kapasitas maupun area cakupan layanan untuk memastikan kualitas jaringan terjaga sehingga mendukung kenyamanan para anggota delegasi selama acara berlangsung.  

Dikatakan, pihaknya akan melakukan penambahan kapasitas jaringan dengan cara memperbaharui kapasitas BTS maupun transmisi, serta penguatan cakupan di dalam lokasi acara dan juga hotel-hotel resmi yang menjadi tempat bermalam dan pertemuan pada anggota delegasi kawasan Nusa Dua.

Selain itu, perusahaan juga akan menyiapkan mobile BTS (MBTS) di kawasan Nusa Dua dan Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk memperkuat kualitas layanan data di area yang menjadi lokasi utama pertemuan. "Guna memastikan kualitas jaringan, team teknis akan terus berjaga berjaga selama acara berlangsung," katanya.

Saat ini, utilisasi jaringan data di Bali sekisar 60 persen sehingga masih cukup untuk menampung kenaikan trafik hingga sekitar 30 persen saat acara berlangsung.

Di kawasan Nusa Dua, jaringan XL Axiata ditopang oleh 123 BTS 4G dan 173 BTS 3G dan pihaknya juga telah menyiapkan Mobile BTS untuk mendukung menguatan jaringan jika memang diperlukan.

Dikatakan, di seluruh Bali, XL Axiata memiliki infrastruktur data yang sangat luas, bahkan layanan 4G LTE telah menjangkau semua kota/kabupaten di Pulau Dewata, dengan keberadaan lebih dari sekitar 1.300 BTS 4G dan lebih dari 1.800 BTS 3G yang menopang jaringan data untuk melayani lebih dari dua juta pelanggan.

Baca juga: Luhut: Jumlah peserta pertemuan IMF-WB melebihi ekspektasi
Baca juga: Peringati hari pelanggan, XL genjot layanan kepada konsumen

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018