Jakarta, 6/10 (ANTARA News) - Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada Minggu (7/10) di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin, Jakarta akan tetap diadakan, meski di tengah pelaksanaan Asian Para Games 2018.

"CFD (car free day) tetap diadakan," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat ditemui di Gate 10 Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu.

Pasalnya pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor tidak akan mengganggu mobilitas atlet dari Wisma Atlet, Kemayoran menuju GBK.

"Bus dari Wisma Atlet ke GBK lewat tol lalu ke masuk ke Pintu 10 GBK. Jadi CFD tidak akan mengganggu pelaksanaan Asian Para Games," katanya.

Jelang pembukaan Asian Para Games 2018 pada Sabtu malam ini, polisi menerapkan rekayasa lalu lintas pada sejumlah ruas jalan sekitar GBK.

Ada tujuh titik yang disterilkan dari kendaraan bermotor.

Refdi merinci, polisi akan mengalihkan kendaraan dari arah Semanggi untuk diarahkan lurus ke Slipi. Demikian juga kendaraan dari Slipi diarahkan lurus ke Semanggi.

"Tidak ada kendaraan yang menuju ke Jalan Gerbang Pemuda," katanya.

Kendaraan dari Bundaran Senayan diarahkan ke Semanggi. Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Gate 1 Senayan ditutup.

Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 menuju ke Jalan Asia Afrika diarahkan ke Jalan Permata Hijau.

Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diarahkan ke Palmerah menuju Jalan Tentara Pelajar-Jalan Permata Hijau.

Kemudian di pertigaan Jalan Tentara Pelajar, kendaraan dari Palmerah diarahkan ke Jalan Tentara Pelajar.

Di pertigaan Hang Lekir, kendaraan dari Jalan Pakubuwono diarahkan ke Pakubuwono. Demikian juga sebaliknya.

Penutupan sejumlah ruas jalan itu dilakukan pada Sabtu pukul 12.00 WIB hingga upacara pembukaan Asian Para Games 2018 usai digelar yakni sekitar pukul 22.00 WIB malam.

(A064).
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018