Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, sebagai cucu Presiden RI yang pertama, diberi kehormatan untuk membawa Bendera Merah Putih dan menyerahkannya kepada PASKIBRA saat pengibaran bendera di upacara pembukaan Asian Para Games 2018, Sabtu malam.

Mengiringi perjalanannya adalah video tentang neneknya yang menjahit bendera diiringi puisi yang dibacakan oleh suara Puan sendiri, yang juga merupakan Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018, tentang arti bendera bagi persatuan.

Saat video berakhir, Puan menyerahkan bendera sementara pemeran star mass menyalakan prop bintang untuk menampilkan bendera Merah Putih berukuran besar.

Aksi pengibaran bendera diikuti oleh 238 formasi star mass, 20 anak-anak komunitas handai tuli, dan 5 anak-anak Desa Bengkala.

Saat bendera dikibarkan, penonton kemudian diajak menanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh penyanyi cilik Shanna Shannon. Pada saat bersamaan, para penampil berlutut dan menerjemahkan lagu ke dalam bahasa isyarat universal dan anak-anak dari Desa Bengkala menerjemahkan dalam Bahasa Kolok.

Baca juga: INAPGOC siapkan tiga zona festival di GBK

Baca juga: INAPGOC siapkan area khusus bagi pengguna kursi roda

Pewarta: Monalisa
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018