Jakarta (ANTARA News) - Lille mempecundangi Saint-Etienne dengan skor 3-1 dalam lanjutan pekan kedelapan Liga Prancis di Stadion Pierre Mauroy, Lille, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa Lille naik tiga strip untuk menduduki peringkat kedua klasemen dengan koleksi 19 poin, sedangkan Saint-Etienne (15) turun dua posisi untuk menduduki peringkat keempat, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Prancis.

Jonathan Bamba mengemas dua gol ke gawang bekas klubnya tersebut dan Nicolas Pepe juga menyumbang gol ketika Lille memperlihatkan kualitasnya, namun ia bukan satu-satunya mantan pekerja di Saint-Etienne yang mengalahkan bekas klubnya. Pelatih Christophe Galtier juga merupakan mantan arsitek tim yang pernah melatih Saint-Etienne selama delapan tahun.

Para penggemar Lille akan semakin mengapresiasi hasil kerja Galtier jika ia mampu mempertahankan performa tim saat ini. Klub utara Prancis itu telah memenangi empat pertandingan kandang sebelum laga ini, dan selalu terlihat akan menjaga momentum setelah Bamba membuka keunggulan timnya.

Sang penyerang, yang meninggalkan Saint-Etienne pada musim panas silam setelah mencatatkan 42 penampilan di Liga Prancis, hanya menyumbang tujuh gol dari 34 pertandingan untuk Les Verts musim lalu -- ia menyamai pencapaian itu pada pertandingan kesembilannya di musim 2018/2019 dengan menaklukkan kiper Stephane Ruffier saat pertandingan memasuki menit ke-17.

Ruffier yang kerap menjadi penyelamat timnya kembali menjalani peran itu saat ia menahan sundulan Xeka pada menit ke-19, dan ketika Wahbi Khazri memenangi penalti yang dikonversi Remy Cabella pada menit ke-26 untuk menyamakan kedudukan, Saint-Etienne --yang menuju pertandingan ini dengan memenangi tiga pertandingan terakhirnya-- terlihat akan memberi masalah kepada tuan rumah.

Ditarik keluarnya Jose Fonte karena cedera pada menit ke-33 memberikan hantaman lain bagi Lille, namun dengan Loic Remy tampil di depan trio Pepe, Bamba, dan Jonathan Ikone, pasukan Galtier masih memiliki sejumlah opsi.

Remy, yang melakukan penampilan ketiganya sebagai pemain inti sejak didatangkan pada musim panas, memaksa Ruffier kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-41, dan saat babak ke-2 baru berlangsung dua menit, Bamba mengemas gol keduanya setelah mendapat umpan dari Pepe.

Pepe menutup kemenangan Lille lima menit sebelum laga usai. Legiun Pantai Gading mengemas gol keenamnya musim ini setelah ia mencuri bola dari Loic Perrin.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Prancis, PSG semakin sulit dikejar

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Prancis:

Lille (4-2-3-1): Maignan, Celik (Ie 65'), Fonte (Dabila 36'), Soumaoro, Ballo-Toure, Xeka, Mendes (Maia 76'), Bamba, Ikone, Pepe, Remy
Pelatih: Christophe Galtier

Saint-Etienne (4-2-3-1): Ruffier, Saliba (Diony 78'), Perrin, Subotic, Kolo, Selnaes, M'Vila (Nordin 65'), Monnet-Paquet, Khazri, Cabella, Salibur (Hamouma 65')
Pelatih:  Jean-Louis Gasset

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018