Kiat modal utama untuk sutradara pemula dari Garin Nugroho

Oleh Aji Cakti

Kiat modal utama untuk sutradara pemula dari Garin Nugroho

Sutradara Garin Nugroho dalam special screening "Nyai" di Jakarta, Sabtu malam (6/10/2018). (Antaranews/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA Indonesia) - Sutradara Indonesia Garin Nugroho membagikan sejumlah kiat modal utama untuk seorang sutradara pemula.

"Pertama, percaya bahwa kita sebagai sutradara adalah pencipta. Kedua adalah strategi untuk menumbuhkan kemampuan itu, dan yang ketiga merupakan kemampuan serta keterampilan," ujar Garin.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa kebebasan mencipta tanpa keterampilan dan pengetahuan ibarat hoaks di dalam sosial media.

"Sebuah bangsa dunia dibentuk dengan dua kata, membentuk selera dan mengikuti selera. Bangsa-bangsa beradab atau yang mampu bersaing adalah bangsa yang membentuk selera, meskipunn sebagian mengikuti selera," katanya.

Menurutnya, bangsa-bangsa yang beradab baik dalam hal ekonomi, sosial-politik maupun kebudayaan memiliki budaya yang membentuk selera.

"Sedangkan bangsa-bangsa yang pengikut selera adalah bangsa pasar, bangsa yang mudah digoncang oleh pembentuk selera," ujar Garin.

Garin menegaskan agar generasi muda berani menjelajah, membuka ruang kreatif, serta kepercayaan bahwa kualitas manusia mencipta serta membentu selera dengan pengetahuan yang luas.

          
Baca juga: Garin Nugroho sebut Syahrini budaya milenial
Baca juga: Garin Nugroho bicara soal usaha kecil


      

Oleh Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komite FFI sebut Presiden akan berikan insentif untuk industri film

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar