Jakarta (ANTARA News) - Tinggal di negara tropis meningkatkan kemungkinan terpapar matahari setiap hari, yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit  tidak terawat. 

Aktris muda Amanda Rawles juga harus menyiasati cara “bersahabat” dengan sinar matahari di tengah kesibukannya syuting di luar ruangan. 

“Tiap hari aku kena sinar matahari, pasti outdoor kalau syuting,” ujar Amanda di acara Wardah Skin & Hair Innovation, Jakarta, Minggu. 

Strateginya dalam mempertahankan kesehatan kulit yang sering terpapar matahari adalah selalu menjaga kelembaban kulit. 

Setiap pagi dan malam, ia tak pernah lupa mencuci wajah agar selalu bersih, kemudian Amanda memakai serum dan DD cream yang punya kandungan untuk melindungi kulit dari sinar matahari serta vitamin C. 

Pada malam hari, dia akan membersihkan semua riasan dengan make up remover, lalu mencuci wajahnya lagi. Serum malan menjadi penutup rutinitas menjaga wajah yang membuat kulitnya jadi lebih cerah dan kenyal. 

Dokter kulit Dewi Hasanah menambahkan tabir surya wajib dipakai sehari-hari terutama masyarakat yang tinggal di negara tropis. 

“Bahaya paparan sinar matahari itu bikin kulit hitam, kusam, kering dan kanker kulit,” ujar Dewi. 

Kesadaran menjaga kulit dari sinar ultraviolet yang berlebihan seharusnya dimulai sejak lahir, tapi mencegah proses penuaan dimulai saat usia 20-an di mana proses penuaan dimulai.

Ia menyarankan untuk memilih produk perawatan kulit yang aman untuk menangkal radikal bebas. 

“Selain skin care, nutirisi dari makanan juga penting. Jadi makanan yang kita anjurkan yang kaya vitamin C seperti jeruk,” ia menambahkan untuk selalu makan buah yang mengandung vitamin C setiap hari. 

Baca juga: Jefri Nichol - Amanda Rawles tahun ini terakhir main film bareng
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018