Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan Khabib Nurmagomedov menggagalkan upaya petarung Irlandia Conor McGregor untuk merebut kembali gelar kelas ringan UFC, ketika ia mengakhiri pertarungan melalui kuncian brutal dengan menggunakan cekikan dari belakang (rear naked choke) pada ronde keempat pertarungan yang berlangsung di T-Mobile Arena, Las Vegas, AS, Minggu WIB.

Kemenangan itu memicu sekelompok orang berupaya memasuki arena pertarungan, di mana seseorang penggemar yang mengenakan kaus merah sempat melayangkan beberapa pukulan terhadap McGregor sebelum petugas keamanan menguasai keadaan.

Kedua petarung segera dikawal meninggalkan arena oleh polisi dan petugas keamanan.

Tidak ada sabuk yang diserahkan serta tidak ada pidato kemenangan yang disampaikan, namun pembawa acara mendeklarasikan Nurmagomedov sebagai pemenang di tengah cemooh sebagian penonton.

McGregor, yang kembali ke oktagon setelah hampir dua tahun absen, terlihat berbahaya saat bertukar pukulan dan tendangan di awal pertarungan, namun sebagaimana yang telah diperkirakan, Nurmagomedov segera membawa pertarungan ini untuk menjadi adu strategi dalam pertarungan lantai (ground fighting).

Petarung Rusia itu merepotkan McGregor dengan kemampuan gulatnya, sekaligus mencegah sang lawan berdiri sampai sisa ronde.

Pria Irlandia itu kemudian terluka akibat pukulan cross kanan dari sang petarung Rusia pada ronde kedua dan pertarungan segera kembali dilanjutkan dengan aksi adu piting di bawah, namun kali ini sang juara asal Rusia mampu mencegah sang penantang mengangkat punggungnya dari lantai.

McGregor masih mampu bertahan sampai akhir ronde itu, sedikit tersenyum saat klakson tanda berakhirnya ronde dibunyikan, dan pada ronde ketiga ia mampu mnejaga pertarungan tetap dilakukan dalam kondisi berdiri, melepaskan beberapa serangan ke wajah dan tubuh sang lawan saat ia menemukan kembali jarak pukulnya.

Bagaimanapun, hal itu sedikit terlambat, dan Nurmagomedov kembali menguasai keadaan pada ronde keempat, menghisap tenaga McGregor dengan tekanannya sebelum mencekik sang lawan untuk mengakhiri pertarungan saat ronde keempat menunjukkan waktu 3:03.

Kemenangan ini mempertajam rekor profesionalnya menjadi 27-0, dan memberikan kekalahan kedua bagi sang petarung Irlandia di ajang UFC.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018