Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berencana mengunjungi Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat guna menyampaikan bantuan bagi korban gempa di sela pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Nusa Dua selama 8-14 Oktober 2018.

"Saya bersama Bapak Luhut akan ke Lombok. Kami akan menyampaikan donasi," katanya setelah menanam karang di Pantai Nusa Dua, Kabupaten Badung, Minggu.

Lagarde mengatakan kunjungannya ke Indonesia bukan hanya untuk menghadiri pertemuan tahunan, tetapi juga menyampaikan dukungan sosial setelah bencana melanda wilayah Lombok dan Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, kata dia, Sekretaris Jenderal IMF Jianhai Lin telah mengunjungi daerah terdampak gempa dan tsunami di Palu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, yang menjabat sebagai Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia, mengonfirmasi rencana kunjungan Lagarde ke Lombok.

"Kita harus melihat Indonesia sebagai negara besar harus menghargai dan menghormati apa yang mereka kontribusikan," kata Luhut.

Dari Lombok, Luhut dan Lagarde akan kembali ke Nusa Dua untuk menghadiri pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, yang menurut perkiraan dihadiri sekitar 34 ribu peserta dari 189 negara di dunia, termasuk 23 kepala negara.

Baca juga:
Rp15 miliar dana hibah disalurkan ke Lombok
Mensos pastikan dana rehabilitasi-rekonstruksi Lombok tidak terpotong

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018