Jakarta (ANTARA News) - Relawan Pinggiran Jokowi Itu KitorAng (JokowituKitoRang) yang merupkan  sebuah gerakan dari Pinggiran Wilayah Timur Indonesia untuk mendukung Jokowi dua Periode dideklarasikan agar pembangunan di Indonesia lebih berkeadilan dan lebih beradab.

Sekretaris Jenderal Relawan Pinggiran "JokowiItuKitorAng" Raimondus Arwalembun, dalam keterangan yang diterima, Minggu, mengatakan "JokowiItuKitorAng" adalah sebuah gerakan dari pinggiran wilayah timur Indonesia yang bertujuan untuk mengawal Nawa Cita terutama Nawa Cita ketiga yang berbunyi membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan.

"Tujuan utama Gerakan kami relawan pinggiran adalah Mendorong masyarakat di pinggiran Indonesia Timur untuk memenangkan Jokowi-Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, dan mengawal Jokowi-Amin selama menjalankan tugasnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024," katanya.

Relawan Pinggiran Jokowi Itu KitorAng  yang berbasis di enam Provinsi di Indonesia Timur, diantaranya Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat, pada Minggu ini bertempat di Rumah Aspirasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja Jokowi-Ma’ruf Amin di deklaraskan.

"Mendeklarasikan diri untuk mendukung dan siap memenangkan pasangan Pasangan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024 di wilayah Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat," demikian bunyi pernyataan deklarasi JokowituKitoRang.

Dia mengungkapkan bahwa  pendeklarasian dukungan ini didasarkan pertimbangan bahwa sejak Jokowi menjadi Presiden, pembangunan dari pinggiran mulai diterapkan.

Tercatat pada periode 2014-2018 ini pembangunan berjalan cepat di enam provinsi yang menjadi basis dari Relawan Pinggiran Jokowi Itu Kitorang, seperti:

Pembangunan jalan Trans Papua, bensin satu harga, jembatan holtekamp, dan stadion papua bangkit;
Tujuh bendungan dibangun di Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu Raknamo, Rotiklot, Manikin, Kolhua, Napun Gete, Temef, dan Mbay;
Pembangunan jalan Trans Maluku, program pengembangan Dok Wayame, pelabuhan ekspor Tulehu-Waai, pembangunan bendungan Waeapo di Pulau Buru, pembangunan bandara Banda, dan program Pasar Apung di Kawasan Mardika Ambon.
Era Jokowi prioritas penyaluran listrik dimulai dari timur Indonesia. 6.688 desa dari total 10.300 desa target 2019 program Indonesia Terang ada di Timur Indonesia. Hanya di era Jokowi Indonesia Timur kian Terang.

Untuk itu, kata Raimondus, Relawan Pinggiran Jokowi Itu KitorAng berkomitmen untuk:

1. Melakukan sosialisasi terhadap pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden No Urut 1 di wilayah pinggiran masing-masing;

2. Melakukan sosialisasi apa yang sudah dikerjakan (keberhasilan) oleh Jokowi selama pemerintahannya di wilayah pinggiran masing-masing;

3. Melakukan sosialisasi terhadap apa yang akan dikerjakan (program-program) Jokowi-Amin pada periode 2019-2024;

4. Bekerjasama dengan kelompok relawan lain dalam rangka memenangkan pasangan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019 mendatang.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018