Jakarta (ANTARA News) - Tren riasan agar kulit terlihat bercahaya sedang digandrungi, tapi sebenarnya ada cara membuat wajah tampak sehat bercahaya tanpa mengandalkan make up. 

Dokter kulit Sari Chairunnisa mengemukakan beberapa faktor yang membuat kulit tampak kusam tidak bercahaya, antara lain terpapar sinar matahari tanpa perlindungan serta terkena polusi, sehingga penting menggunakan tabir surya atau pelembab yang mengandung SPF.

"Terpapar sinar matahari tanpa perlindungan membuat kulit kusam," kata Sari dalam gelar wicara di Wardah Days 2018, Jakarta, Minggu. 

Tak cuma sinar matahari, polusi udara yang membayangi masyarakat perkotaan di Indonesia, khususnya Jakarta, serta pola hidup tidak sehat juga berkontribusi pada menurunnya kesehatan kulit. 

Malas atau lalai memakai tabir surya setiap hari berakibat pada masalah pigmentasi dan membuat kulit jadi kering. 

Itulah mengapa tabir surya atau pelembab yang mengandung SPF wajib dipakai setiap hari meski aktivitas tidak selalu mengharuskan Anda berada di luar ruangan. 

Selain tabir surya, Sari mengingatkan untuk membersihkan wajah secara optimal pada malam hari. Pilihlah sabun wajah yang cocok untuk kulit, lalu hindari air hangat untuk mencuci muka karena justru membuat kulit jadi tambah kering. 

Bagi mereka yang memakai riasan setiap hari, proses membersihkan wajah harus lebih teliti, pastikan semua make up benar-benar terangkat. 

Cara memastikannya mudah, usap kapas ke kulit wajah, bila benar-benar tidak ada sisa kotoran atau riasan berarti kulit sudah bersih. 

“Tidak pakai make up juga harus pakai cleanser karena di berhadapan dengan polusi udara di Jakarta,” pungkas dia. 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018