Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 120 pegolf muda dari 33 klub golf yang ada di Indonesia berpartisipasi pada turnamen golf yang bertajuk McDonald’s Junior Golf Championship 2018 di Senayan National Golf Club, Jakarta, 4-7 Oktober.

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka di Jakarta, Minggu mengatakan kejuaraan yang didukung penuh oleh Pengurus Besar Persatuan Golf Seluruh Indonesia (PB PGI) dan PGI Pengrov DKI Jakarta ini merupakan yang ketujuh kalinya dan sudah melahirkan pegolf potensial.

"Sudah banyak pegolf lulusan sini seperti M. Randi Bintang, Inez Beatrice, Jonathan Wijono, Rivani Adelia Sihotang, Dominikus Glenn, Kentaro Nanayama hingga Patricia Sinolungan," katanya.

Kejuaran McDonald’s Junior Golf Championship 2018 bisa dikatakan cukup bergengsi di Indoensia. Apalagi sejak 2016 turnamen ini masuk dalam World Amateur Golf Ranking (WAGR) dari Badan Golf Dunia R&A yang artinya peserta terbaik juga akan mendapatkan poin yang turut berpengaruh pada peringkat dunia mereka. 

"McDonald’s Junior Golf Championship menjadi turnamen golf yang ditunggu-tunggu. Beberapa Pengurus provinsi bahkan sudah melakukan seleksi dua pekan sebelum pendaftaran ditutup. Ini dilakukan untuk mengirim wakil terbaik," kata Sutji Lantyka menambahkan.

Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari ini pelaksanaannya sesuai dengan peraturan WAGR yang berlaku dan dibagi dalam beberapa kelompok usia. Kelas putra terdiri dari kelas A (15-17 tahun), B (13-14 tahun),  C (11-12 tahun) dan D (8-10 tahun). Sedangkan putri kelas A (14-17 tahun), B (12-13 tahun), C (8-10 tahun). 

Selain turnamen golf, diadakan juga program Golf Clinic sebagai salah satu bentuk pengenalan olahraga golf untuk anak-anak pemula yang ditangani langsung oleh pelatih terbaik. 

Sementara itu,  Wakil Sekertaris Jenderal PB PGI, I Gusti Putu Gede mengatakan adanya kejuaraan ini diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit baru pegolf berkualitas. Apalagi jumlah peserta yang turun cukup banyak.

"Saat ini ada atlet nasional yang berasal dari kejuaraan. Semoga kejuaraan ini banyak melahir atlet potesial," katanya. 

Dipilihnya Senayan Golf Club sebagai lokasi kejuaraan karena memiliki lapangan dengan predikat Best Renovation Golf Course di kawasan Asia Pasific 2012. Selain itu, lokasinya juga sangat strategis di jantung kota Jakarta. 
Karakter lapangan dengan fairway yang sempit menjadi tantangan tersendiri bagi para pegolf junior, karena mereka harus benar-benar menempatkan bola dengan akurasi tinggi. ***4***

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018