Medan (ANTARA News) - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan Presiden Joko Widodo memiliki komitmen untuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII yang dihelat di Sumatera Utara.

"Presiden tetap berkomitmen untuk MTQ," kata Lukman dalam sambutan sebelum MTQ Nasional XXVII dibuka Jokowi di area Gedung Astaka, Medan, Minggu malam.

Dia mengatakan pembukaan oleh Presiden sempat tertunda karena sang kepala negara harus membuka ajang internasional Asian Para Games 2018 terlebih dahulu.

Berdasarkan pengamatan Antara, kendati pembukaan MTQ oleh Jokowi tertunda, sejumlah perlombaan tetap berjalan sesuai jadwal, salah satunya lomba kaligrafi Al Quran.

Lukman mengatakan MTQ merupakan ajang yang penting untuk umat Islam. Kehadirannya ikut menjaga Al Quran sesuai dengan konteks kekinian.

MTQ, kata dia, juga berperan untuk mengembangkan pemahaman dan membumikan Al Quran di tengah masyarakat, terutama bagi umat Islam.

Ajang tersebut, lanjut dia, memiliki dimensi yang luas sehingga bisa berperan untuk lintas sektor.

"MTQ ini bukan hanya keagamaan tapi juga politik, ekonomi, sosial, peradaban. MTQ ini juga untuk menjaga Al Quran, ayat keilmuan maupun nilai seninya," kata dia.

Baca juga: 34 provinsi pastikan ikut MTQ nasional

Baca juga: Warga Medan sambut gembira pawai ta'aruf MTQN

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018