kalangan menengah atas, atau menengah bawah, semuanya bisa berinteraksi usai penataan Pantai Pangandaran
Bandung  (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil merencanakan revitalisasi dan penataan ulang Pantai Pangandaran, di Kabupaten Pangandaran, agar bisa menjadi objek wisata pantai kelas dunia.

"Ya kita sudah kerja sama, lagi di desain dengan Pak Bupati Pangandaran, nanti Pantai Timur, Pangandaran dan Pantai Barat akan kita desain, sehingga tidak kumuh ," kata Gubernur Emil di Bandung, Senin.

Ditemui seusai menerima Tim Ekspedisi APPSI Jalur Darat Dalam Rangka APPSI Awarding, di Aula Barat Gedung Sate, ia mengatakan dengan adanya penataan Pantai Pangandaran tersebut gubernur ingin semua kalangan bisa berbaur ketika mengunjungi objek wisata di Selatan Jawa Barat tersebut.

"Jadi mau itu kalangan menengah atas, atau menengah bawah, itu semuanya bisa berinteraksi usia penataan Pantai Pangandaran. Saya juga pernah ke Hawaii beberapa kali, saya kira bisa- lah asal kita ikuti pola yang kita akan desain dan masyarakatnya mau mengikuti" kata dia.

Ketika ditanyakan apakah konsep penataan Pantai Pangandaran ini akan mengambil contoh penataan pantai di luar negeri, Gubernur Emil menuturkan pihaknya akan mengusung konsep terbaik dari penataan yang ada.

"Pokoknya mana saja yang baik di dunia ini kita akan contoh dan tiru. (Ada ikon baru di Pangandaran) masih dikonsepkan belum bisa dirilis," katanya.

Ide tentang rencana penataan dan revitalisasi Pantai Pangandaran diutarakan oleh Gubernur Emil melalui akun instagram miliknya pada Sabtu (6/10) lalu.

Pantai akan ditata untuk menjadi wisata kelas dunia melalui kerjasama Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran. Di sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman.

lmpiannya Pangandaran akan bisa seperti Waikiki Beach di Hawaii, juga akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali.

Anggaran Rp40 miliar-Rp65 miliar  dari APBD Propinsi dan APBD Kab. Pangandaran, akan dibelanjakan untuk proyek ini tahun 2019.

Bandara Nusa Wiru juga akan di desain ulang agar Iebih keren dan membuka penerbangan ke Bandung atau Jakarta juga melengkapi jalur reaktivasi jalur Kereta Api dari Jakarta-Bandung-Pangandaran.

Selanjutnya proyek akan berlanjut dengan penataan pantai-pantai Garut Selatan, Sukabumi Selatan dan lain-lain.

Baca juga: Ditemukan 147 pantai wisata baru di Jawa Barat selatan

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018