IMF ajak negara-negara anggotanya bantu Lombok-Sulteng

IMF ajak negara-negara anggotanya bantu Lombok-Sulteng

Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah kanan) dan Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde (tengah kiri) menyapa anak-anak korban gempa di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (8/10/2018). Delegasi IMF mengunjungi korban gempa Lombok untuk melihat langsung keadaan pascagempa, sekaligus memberikan bantuan uang untuk korban gempa Lombok-Sumbawa dan Palu-Donggala senilai Rp2 miliar. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

Lombok Barat, (ANTARA News) - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan akan mengajak negara-negara peserta pertemuan IMF dan Bank Dunia yang dilaksanakan di Bali untuk mendonasikan bantuan bagi para korban gempa bumi dan tsunami di Lombok, NTB dan Sulawesi Tengah.

"Setelah kami melihat kondisi di Lombok dan Palu. Saat pertemuan di Bali, kita akan minta kepada negara-negara peserta untuk mau berbagi mengulurkan kedermawanannya membantu korban bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah," kata Christine Lagarde saat meninjau para korban bencana gempa bumi di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin.

Dalam kunjungan menemui korban bencana, Christine Lagarde didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Bupati Lombok Barat Faozan Khalid.

Christine Lagarde memuji langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menangani gempa bumi dan tsunami di Lombok dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bahkan, meski Indonesia tengah dilanda gempa bumi dan tsunami, kondisi ekonomi Indonesia dinilai tetap baik.

"Presiden, Menkeu (Sri Mulyani) dan Pak Luhut (Menko Kemaritiman) sudah menjalankan tugasnya agar Indonesia di tangan yang baik. Lalu apa yang kita bisa (IMF) lakukan. Kami bersama seluruh pegawai IMF menggalang dana secara pribadi untuk Lombok dan Sulawesi Tengah dan manajemen mendukung inisiatif itu," ungkapnya.

Oleh karena itu, kehadirannya di Lombok tidak hanya untuk berkunjung dan melihat situasi pascagempa, melainkan juga membawa sejumlah bantuan yang berasal dari para pegawai IMF untuk didonasikan kepada Lombok NTB dan Sulawesi Tengah.

"Hari ini saya bawa cek Rp2 miliar. Dana ini dialokasikan untuk Lombok dan Sulawesi Tengah. Karena semua orang harus bisa mendapatkan," ujar Christine Lagarde.

Selain berjanji mengajak negara-negara peserta pertemuan IMF dan Bank Dunia untuk membantu mendonasikan buat Lombok dan Sulawesi Tengah, Christine Lagarde juga berjanji kembali mengunjungi dan menyapa para korban bencana gempa di Lombok.

Ia mengatakan terkesan dengan upaya pemulihan yang dilakukan pemerintah kepada para korban bencana. Hal itu, diutarakan Christine di hadapan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

"Kepada Gubernur NTB, saya akan datang ke Lombok lagi. Saya terkesan dengan rekontruksi yang berjalan di Lombok," katanya.

Baca juga: Direktur IMF tinjau korban gempa Lombok
Baca juga: Uni Eropa salurkan bantuan 1,5 juta euro untuk korban gempa Sulawesi

 
 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar