Megawati lepas pengiriman bantuan PDIP ke Sulteng

Megawati lepas pengiriman bantuan PDIP ke Sulteng

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kanan) melepas pemberangkatan bantuan tahap kedua untuk korban gempa dan tsunami Palu, di Jakarta, Senin (8/10/2018). PDI Perjuangan memberikan bantuan kebutuhan serta bahan pangan untuk korban gempa dan tsunami Palu sebanyak 61 ton. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melepas pengiriman bantuan tahap kedua dari PDI Perjuangan untuk para pengungsi  korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

Megawati Soekarnoputri melakukan pelepasan pengiriman bantuan tahap kedua yang ditandai dengan mengangkat bendera PDI Perjuangan, di depan kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Senin.

Hadir pada kesempatan tersebut, sejumlah pengurus DPP PDI Perjuangan, antara lain, Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning, serta Ketua Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Sadar Restuwati.
 
Bantuan tahap kedua yang dikirimkan PDI Perjuangan, antara lain, makanan dewasa, makanan bayi, pakaian wanita, pekaian bayi, obat-obatan, dan lain-lain, yang dibawa menggunakan 10 unit truk. "Bantuan dikumpulkan dar pengurus dan kader PDI Perjuangan yang berempati dan bersimpati kepada para korban bencana. Berat seluruh bantuan ada sekitar 60 ton," katanya.

Baca juga: Megawati ingatkan masyarakat miliki kewaspadaan dini bencana

Presiden kelima RI itu menjelaskan, bantuan akan dikirimkan melalui moda transportasi udara agar cepat tiba di lokasi pengungsi, dan akan disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan yang sudah berada di Sulawesi Tengah, sejak hari kedua setelah bencana terjadi. 

Megawati pada kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada relawan yang sudah bekerja tanpa pamrih dan iklhas, dalam menjalankan tugas kemanusiaan. 

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menambahkan, bantuan tahap kedua dari PDI Perjuangan akan dikirimkan melalui jalur udara. "Ada maskapai penerbangan milik Dubes RI di Malaysia yang bersedia membawa bantuan itu," katanya.

Menurut Hasto, bantuan pertama dari PDI Perjuangan, sudah dibawa langsung oleh Tim Baguna PDI Perjuangan yang berangkat ke lokasi bencana melalui jalan darat dari Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari kedua setelah bencana yakni Sabtu (29/9). "Saat ini  kondisi di lokasi terdampak bencana, di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah, sudah jauh lebih baik. Distribusi bantuan sudah dapat disampaikan,  jauh lebih baik," ujar Hasto. 

Kepala Baguna PDI Perjuangan, Sadarestuwati mengatakan, Tim Baguna sudah berada di lokasi terdampak bencana di Palu, sejak hari kedua setelah bencana dan kekuatannya terus di tingkatkan. "Saat ini kekuatan Baguna di lokasi terdampak bencana ada sebanyak 102 orang relawan," katanya.

Baca juga: PDIP instruksikan kader bantu korban gempa-tsunami Donggala-Palu
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar