counter

Sebarkan Korean Wave, BTS akan dapat penghargaan dari pemerintah

Sebarkan Korean Wave, BTS akan dapat penghargaan dari pemerintah

Foto konsep album "Love Yourself: Answer" (instagram/bts.bighitofficial)

Jakarta (ANTARA News) - Grup K-pop BTS akan mendapatkan medali budaya dari pemerintah Korea Selatan atas kontribusi mereka dalam menyebarkan budaya Korea lewat Korean Wave, kata perdana menteri, Selasa.

"Pemerintah memutuskan dalam pertemuan kabinet kemarin untuk menganugerahkan medali Hwagan untuk BTS yang dibanggakan," kata Perdana Menteri Lee Nak-yeon, pada upacara nasional memperingati 572 tahun alfabet Korea, Hangul, yang dibuat Raja Sejong dari Dinasti Joseon seperti dikutip kantor berita Yonhap.

"Hangul bukan cuma sistem penulisan yang dipakai oleh Korea. Ada pusat Institut King Sejong yang mengajarkan bahasa Korea di 174 lokasi di 57 negara tahun ini," ujar Lee.

"Anak muda di dunia menulis lirik lagu-lagu BTS dalam Hangul."

Dalam pertemuan kabinet yang dipimpin Presiden Moon Jae-in, perdana menteri memuji grup BTS, ia mengatakan mereka tidak cuma berkontribusi atas penyebaran Korean Wave alias hallyu, tetapi juga Hangul.

Grup beranggotakan tujuh orang itu menempati puncak tangga album Billboard 200 dua kali dalam setahun lewat dua album baru "Love Yourself", pencapaian yang hanya berhasil dilakukan oleh band One Direction beberapa tahun lalu.

Bulan lalu, mereka jadi grup K-pop pertama yang bicara di PBB, mengatakan pada anak muda di dunia untuk mendengarkan suara hati mereka.

Baca juga: Video klip BTS "Idol" tembus 200 juta view di YouTube

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar