Jakarta (ANTARA News) - Asus kenalkan ROG Strix GL12CX, yang diklaim sebagai desktop gaming PC pertama yang menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-9.

"Asus sangat senang bekerjasama dengan Intel untuk menghadirkan performa terbaik bagi gamer dan profesional esports," ujar Head of Global Marketing for Gaming untuk Republic of Gamers, sekaligus Chief Marketing Officer untuk Asus North America, Vivian Lien, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

"ROG Strix GL12CX tidak hanya dibangun untuk mendominasi game yang sudah ada lewat prosesor delapan core yang di-overclock, tetapi juga menghadirkan standar industri baru melalui fitur Aura Gaming yang menghadirkan sinkronisasi antara game dengan tampilannya, sehingga memperkaya pengalaman bermain," sambung dia.

Prosesor Intel generasi ke-9 yang tertanam di ROG Strix GL12CX juga merupakan versi "unlocked" sehingga bisa di-overclock. Pilihan prosesor tertinggi yang tersedia adalah Intel Core i9-9900K factory-overclocked berkonfigurasi 8 core 16 thread.

Agar bisa berjalan lebih stabil, Asus menghadirkan sistem pendingin khusus dari Cooler Master. Sistem pendingin tersebut menggunakan liquid cooling yang dipadukan dengan kipas 90mm.

Dengan sistem pendingin ini, prosesor di ROG Strix GL12CX berjalan di kecepatan 4,9GHz pada semua core dan thread. Kemampuan prosesor tersebut juga didukung oleh kartu grafis terbaru dari Nvidia, yaitu GeForce RTX 2080.

Kartu grafis dengan arsitektur Turing terbaru tersebut memiliki fitur baru yaitu kemampuan mengkombinasikan metode rasterization tradisional lewat CUDA core dengan ray-traced lewat RT core untuk menghasilkan detail grafis yang realistis.

Kartu grafis ini juga sudah mendukung teknologi Deep Learning Super Sampling berkat kehadiran Tensor core di dalamnya.

Dari segi desain, bodi gaming desktop ini telah dilengkapi dengan sistem RGB LED yang sudah mendukung fitur Aura Sync. Pengguna bisa mengatur tampilan RGB LED yang ada di gaming desktop ini agar bisa saling tersinkronasi satu sama lain.

Tidak hanya antar komponen, Aura Sync juga bisa disinkronisasikan dengan perangkat gaming seperti mouse dan keyboard. Efek yang ditampilkan juga bisa mengikuti gim yang sedang dimainkan. Salah satu gim yang sudah mendukung fitur ini adalah Call of Duty: Black Ops 4.

Fitur inovatif lain yang ada di gaming dekstop ini adalah hot swap SSD bay. Melalui bay khusus tersebut, pengguna ROG Strix GL12CX bisa mengganti SSD secara langsung tanpa perlu melakukan restart pada sistem.

Bagi pengguna yang lebih suka menggunakan M.2 SSD, Asus menyediakan modul DIMM.2 di ROG Strix GL12CX. Modul ekspansi ini memungkinkan pengguna untuk memasang dua M.2 SSD ekstra.

Selain mendukung sistem RAID untuk performa ekstra, M.2 SSD yang ditanamkan di modul DIMM.2 ini juga sudah dilindungi oleh heatsink sehingga stabilitas performanya bisa tetap terjaga. Modul DIMM.2 ini juga sudah mendukung Intel Optane Memory untuk mengakselerasi hard disk.

Untuk memenuhi kebutuhan gamer saat bermain game, Asus menyediakan sederet fitur konektivitas di ROG Strix GL12CX. Konektivitas tersebut terdiri dari WiFi 802.11ac Wave 2. Selain itu ada juga fitur koneksi melalui Bluetooth 5.0.

Untuk kebutuhan konektivitas lainnya, Asus juga menyediakan berbagai port seperti USB 3.1 dan USB 2.0. Terdapat juga 2-in-1 card reader serta DVD drive sehingga pengguna tetap bisa menikmati konten yang disimpan di DVD ataupun kartu memori.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018