Jakarta  (ANTARA News) - Dua atlet renang Indonesia, Azzahra Permatahani dan Adinda Larasati Dewi sukses menembus final Olimpiade Remaja 2018 di Argentina, Selasa meski akhirnya belum mampu mempersembahkan medali.

Berdasarkan data dari PB PRSI, dua andalan Indonesia ini merupakan atlet asal Asia yang sukses menembus final untuk nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri mengingat atlet lain yang masuk final berasal dari Eropa maupun Amerika Latin.

"Ini adalah hasil yang membanggakan karena mereka adalah perenang Asia yang masuk final. Tidak ada lagi perenang Asia yang masuk final selain Adinda dan Azzahra," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin Rahardjo dalam keterangan resminya.

Azzahra Permatahani dan Adinda Larasati Dewi masuk final setelah tampil apik di babak kualifikasi. 

Di babak penyisihan Senin (8/10) waktu setempat, dua perenang Indonesia turun di heat kedua dan berada di lintasan dua dan di lintasan lima.

 Hasilnya Azzahra diperingkat empat dengan catatan 2 menit 15,17 detik. Adinda di peringkat lima dengan waktu 2 menit 16,87 detik.

Di babak final, kedua atlet Indonesia ini harus puas di posisi juru kunci. Adinda finis di peringkat tujuh dengan catatan waktu 2 menit 15,23 detik. Sementara Azzahra finis di posisi delapan dengan waktu 2 menit 17,03 detik.

Pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri ini, posisi pertama ditempati oleh perengan Hungaria Blanka Berecz dengan catatan waktu 2 menit 10,37 detik. Posisi dua adalah atlet asal Afrika Selatan Dune Coetzee dengan catatan waktu 2 menit 11,71 detik. Dan posisi tiga perengan asal Australia Ryan Michaela dengan waktu 2 menit 13,12 detik.

Penampilan Adinda dan Azzahra dinilai belum 100 persen, karena masih mengalami jetlag setelah menempuh perjalanan 35 jam dari Jakarta ke Argentina dan hanya punya waktu tiga hari buat pemulihan. Selain itu perbedaan waktu 10 jam, menjadikan pertandingan final pukul 04.00 WIB pagi. Para perenang membutuhkan adaptasi lebih. 

Adinda masih bertanding satu nomor yaitu 100 meter gaya kupu-kupu putri di tempat yang sama Kamis (11/9). Sedangkan Azzahra masih bertanding Jumat (12/10) di nomor 200 meter gaya dada putri. Di hari yang sama, dua perenang pria juga akan bertanding. 
Farrel Armandio Tangkas turun di nomor 200 meter gaya punggung putra dan Azel Zelmi Aryalingga turun di 200 meter gaya kupu-kupu putra. ***4***

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018