Ini sudah menjadi program kami setelah lulus dari Lemhannas untuk melaksanakan kegiatan sosial seperti ini. Niat kami untuk membantu sesama yang sedang mengalami musibah, kemarin yang pertama, di Lombok, kami pun melakukan hal yang sama
Jakarta (ANTARA News) - Bantuan kemanusiaan bagi masyarakat korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala terus mengalir, salah satunya dari Yayasan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXI Lemhannas bekerja sama dengan PT J Resources dan Sulawesi Cahaya Mineral.

Total bantuan yang diberikan sebanyak 16 ton, antara lain berupa tenda, susu dan makanan bayi, genset dan perlengkapan-perlengkapan lainnya. Bantuan diserahkan Ketua Senat PPSA XXI Komjen Pol (Purn) Arif Wachjunadi kepada Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M Tonny Harjono, di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/10).

Arif Wachjunadi menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari niat alumni PPSA XXI dan Yayasan PPSA XXI Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

"Ini sudah menjadi program kami setelah lulus dari Lemhannas untuk melaksanakan kegiatan sosial seperti ini. Niat kami untuk membantu sesama yang sedang mengalami musibah, kemarin yang pertama, di Lombok, kami pun melakukan hal yang sama," kata Arif.

Ia juga menjelaskan bantuan ini akan didistribusikan melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan sudah diketahui oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola.

"Karena itu, yang dibawa, dan kami serahkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, hasil koordinasi kami dengan pemerintah daerah setempat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, para alumni PPSA XXI juga menyampaikan keprihatinan dan belasungkawa kepada korban yang tertimpa musibah dan berharap kondisi Palu dan sekitarnya kembali pulih.

"Kami prihatin dan turut belasungkawa atas musibah ini. Tentunya pemerintah sudah mengambil langkah-langkah dengan cepat, untuk memperbaiki. Dan perbaikan kehidupan sosial di sana juga sudah semakin baik. Bentuk dukungan kami adalah kegiatan sosial seperti ini," ujar Arif.

Sementara Edi Permadi selaku Ketua Yayasan PPSA XXI sekaligus Direktur J Resources Asia Pasifik Tbk mengatakan bantuan ini merupakan bentuk solidaritas Yayasan PPSA XXI dan PT J Resources Asia Pasifik (PSAB) dan PT Sulawesi Cahaya Mineral atas situasi yang dialami masyarakat Palu dan Donggala.

"Ini bentuk dukungan kami bagi masyarakat Palu yang sedang dirundung kemalangan. Semoga bantuan ini berguna bagi mereka," katanya.

Edi Permadi juga menjelaskan bahwa perusahaan telah mengirim tim "rescue" dan tim medis yang saat ini sudah bertugas membantu di Palu dan Donggala.

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, mengucapkan terima kasih kepada alumni PPSA XXI yang telah menyerahkan bantuan di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Lanud Halim Perdanakusuma bertugas menyalurkan bantuan dari masyarakat yang berkenan membantu saudara-saudara kita yang kena musibah di Palu, termasuk di antaranya dari alumni PPSA XXI. Setelah bantuan ini diterima akan segera diberangkatkan ke Palu untuk diserahkan kepada saudara-saudara kita di Palu," kata Tony Harjono.

Baca juga: Diusulkan pengumpulan bantuan bencana di satu lembaga

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018