Jakarta (ANTARA News)  - Mantan Ketua Umum Partai Nasional Amanat (PAN) Amien Rais mendatangi Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka ujaran kebohongan Ratna Sarumpaet, Rabu.

Baca juga: 3.284 polisi jaga aksi kawal Amien Rais

Amien didampingi sejumlah pengacara dan putrinya Hanum Rais tiba di Polda Metro Jaya, Rabu sekitar pukul 10.15 WIB.

Sebelum memasuki ruangan penyidikan, Amien memberikan beberapa pernyataan salah satunya mengenai kejanggalan pemeriksaan.

Baca juga: Hari ini polisi periksa Amien Rais terkait Ratna Sarumpaet

Pada panggilan pertama Jumat (5/10), mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tidak hadir karena alasan jadwal pemeriksaan mendadak dan kegiatan yang padat.

Amien memastikan akan hadir memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya yang didampingi 300 pengacara dan massa pendukung lainnya.

Baca juga: Polisi imbau pendukung Amien Rais jaga ketertiban

Berdasarkan informasi, massa Presidium Alumni (PA) 212 bersiap menggelar "Aksi Kawal Amien Rais" di Polda Metro Jaya pada Rabu ini.

Ketua PA 212 Slamet Maarif memastikan aksi kawal Amien Rais tersebut akan dilaksanakan sesuai aturan.

Massa akan berkumpul dan menunaikan shalat Dhuha di Masjid Al Munawwar Pasar Minggu Jakarta Selatan kemudian berangkat menuju Polda Metro Jaya.

Baca juga: Polda Metro pastikan Amien Rais mangkir

Massa aksi solidaritas terhadap mantan Ketua Umum PAN itu berasal dari Front Pembela Islam (FPI), Brigade 212, Jawara Betawi, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan sejumlah kelompok kemasyarakatan lainnya.

Pewarta: Taufik Ridwan dan Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018