Balkondes adalah semacam balai untuk memusatkan kegiatan masyarakat utamanya yang berkenaan dengan ekonomi pariwisata yang fungsinya memperlama kunjungan wisatawan di suatu objek wisata sehingga bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekit
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Balai Ekonomi Desa atau Balkondes yang merupakan program bantuan tanggung jawab perusahaan  (CSR) sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dipamerkan di Paviliun Indonesia, Nusa Dua, Bali selama perhelatan pertemuan tahunan IMF-WB pada 8-4 Oktober 2018.

"Balkondes adalah semacam balai untuk memusatkan kegiatan masyarakat utamanya yang berkenaan dengan ekonomi pariwisata yang fungsinya memperlama kunjungan wisatawan di suatu objek wisata sehingga bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar," kata Gumilang Adhi, Duta BUMN di Paviliun Indonesia, area Hotel Westin pada Rabu.

"Ada 20 Balkondes yang dibangun  oleh BUMN di 20 desa di Kecamatan Borobudur. Sebenarnya Balkondes itu akan ada di Joglosemar; Yogyakarta, Solo, Semarang, tapi ini baru ada di Yogyakarta," kata Gumilang.

Ke-20 Balkondes itu adalah Balkondes Bigaran (dibangun oleh Taman Wisata Candi), Balkondes Borobudur (Taman Wisata Candi), Balkondes Bumiharjo (Pembangunan Perumahan), Balkondes Candirejo (Semen Indonesia), Balkondes Giripurno (Taman Wisata Candi), Balkondes Giritengah (Jasaraharja).

Lalu, Balkondes Kembanglimus (Patrajasa),  Balkondes Karanganyar (Bank BTN), Balkondes Karangrejo (PGN), Balkondes Kebonsari (Hutama Karya), Balkondes Kenalan (Bank Mandiri), Balkondes Majaksingi Desa Singkober (Jasamarga), Balkondes "The Gade Village" Ngargogondo (Pegadaian).

Kemudian, Balkondes Ngadiharjo (PLN), Balkondes Sambeng (Patra Jasa), Balkondes Duta Menor Desa Tanjungsari (Bank BRI), Balkondes Tegalarum (Angkasa Pura II), Balkondes Tuksongo (Telkom), Balkondes Wanurejo (Bank BNI), dan Balkondes Wringinputih (Pertamina).

"Di Balkondes, wisatawan tidak hanya disuguhi semacam etalase ekonomi warga setempat tapi juga bisa menginap dengan suguhan kesenian dan kuliner khas tradisional," kata Gumilang.

Kementerian BUMN menargetkan setidaknya akan ada 100 Balkondes di Indonesia di antaranya di Bali, Labuan Bajo, Danau Toba, dan Dataran Tinggi Dieng.

Baca juga: IMF-WB - PT Dirgantara Indonesia boyong CN-235 ke Paviliun Indonesia

Baca juga: Dipamerkan di IMF-WB, produk UMKM Indonesia bakal makin mendunia

Baca juga: Menteri BUMN resmikan Paviliun Indonesia

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018