Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis Indonesia, Oddie Kurnia Dwi Listyanto, menyusul dua rekannya Dheva Anrimusthi dan Suryo Nurgoho melangkah ke perempat final tunggal putra SU5 Asian Para Games 2018.

Kedua rekannya tersebut langsung menjejaki perempat final karena mendapatkan bye, sedangkan Oddie mesti memimpin fase penyisihan Grup F tetap harus melewati babak 16 besar terlebih dahulu.

Di babak 16 besar, Oddie berhasil menundukkan wakil India Raj Kumar yang dalam babak penyisihan menempati urutan kedua Grup A di bawah jagoan Malaysia sekaligus unggulan utama, Cheah Liek Hou.

Tampil di hadapan Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa, yang kian hari kian ramai dipadati penonton terutama pendukung tuan rumah Indonesia, Oddie menghentikan perlawanan Raj dua gim langsung 22-20, 21-17.

Di perempat final Oddie akan menghadapi salah satu pebulu tangkis unggulan asal Jepang, Taiyo Imai, pada Kamis (11/10) dijadwalkan mulai pukul 13.40 WIB.

Sementara itu, Dheva akan berhadapan dengan wakil China, Shengzhuo Shi, yang sebelumnya melewati atlet Chinese Taipei sekaligus peserta termuda dalam cabang olahraga bulu tangkis Asian Para Games 2018, Pu Gui Yu, 21-12, 21-15.

Sedangkan Suryo ditunggu rekan senegara Gui Yu, Fang Jen-Yu, yang mencapai perempat final usai menyingkirkan wakil Korea Selatan Kim Gi-yeon 21-14, 21-16.

Satu laga perempat final lainnya mempertemukan antara Cheah dengan atlet Thailand Pricha Somsiri.

Baca juga: Kemenangan jadi motivasi Debi Ariesta terus tekuni catur

Baca juga: Suwarti sedang hamil 4,5 bulan saat raih medali emas


Terkait keberadaan Cheah, pelatih tim bulu tangkis Indonesia Imam Kunantoro meyakini tidak terlalu menjadikannya beban bagi anak-anak asuhannya.

"Saya yakin kalau apa yang diperlihatkan di sesi latihan selama ini bisa keluar di pertandingan, kita bisa melewati Cheah kok," kata Imam ditemui di Istora, Rabu.

Dheva, jika berhasil melaju ke semifinal besar kemungkinan bakal bertemu dengan Cheah, namun Imam sekali lagi meyakini bahwa Indonesia memiliki kualitas yang cukup untuk membendung salah satu pebulu tangkis penyandang disabilitas terbaik di dunia itu.

Bahkan, Dheva, yang sempat memastikan medali emas pertama kontingen Indonesia Asian Para Games 2018 tersebut, juga memiliki catatan positif menang atas Cheah di turnamen Thailand Terbuka 2018 lalu.

"Dheva itu pas di Thailand Open bisa menang lawan Cheah, jadi sebetulnya tinggal bagaimana nanti di lapangan," pungkasnya.

Baca juga: Seniman cilik sebarkan semangat persahabatan lewat sketsa wajah

Baca juga: Daftar perolehan medali Asian Para Games (Rabu sore)


Berikut jadwal perempat final bulu tangkis tunggal putra SU5 Asian Para Games 2018 yang akan digelar pada Kamis (11/10) di Istora GBK:

13.00 WIB - Cheah Liek Hou (Malaysia) vs Pricha Somsiri (Thailand)
13.40 WIB - Dheva Anrimusthi (Indonesia) vs Shengzhuo Shi (China)
13.40 WIB - Oddie Kurnia Dwi Listyanto (Indonesia) vs Taiyo Imai (Jepang)
13.40 WIB - Fang Jen-Yu (Chinese Taipei) vs Suryo Nugroho (Indonesia)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018