Jakarta (ANTARA News) – Madu dikenal memiliki beragam khasiat sejak ribuan tahun lalu. Tak heran bila madu dijuluki “Rajanya obat”, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya.

Ilmuwan Dr. Ir. Roy Alexander Sparring, M.App.Sc, Ph.D mengiyakan bahwa madu, khususnya madu yang berasal dari Selandia Baru atau dikenal madu Manuka ini merupakan superfood.

Dinamakan madu Manuka karena hanya lebah penghasil madu hanya makan dari pohon manuka. Pohon tersebut dikenal sebagai tanaman obat oleh orang Maori Selandia Baru sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuhan.

Baca juga: Rahasia Nana Mirdad atasi jerawat

“Komponen antibakterial ini ditemukan pada madu Manuka yang disebut MGO (methylglyoxal),” sebut Roy saat ditemui dalam acara Manuka Health di Jakarta, Rabu.

Antibakterial dalam madu Manuka itu menghambat bakteri yang berkaitan dengan pembentukan plak, kerusakan gigi dan penyakit gusi, sakit tenggorokan hingga menenangkan batuk kering.

“Madu itu dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, mencegah flu dan memulihkan luka yang sifatnya topikal,” imbuh Advisor New Zealand Embassy.

Baca juga: Nana Mirdad: madu boosting tidur lebih nyenyak

Ia menambahkan bahwa masalah kulit, seperti jerawat, luka gores, luka bakar dapat diatasi dengan madu. Sebab, madu Manuka ini memiliki efek bakterial.

“Sebaiknya, pemberian madu sendiri itu diberikan pada anak di atas usia 2 tahun karena daya tahan tubuhnya sudah kuat,” pungkas Roy.

Pewarta: Anggarini Paramita
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018