Mirisnya setiap tahun ODHA baru didominasi kaum gay atau laki-laki seks laki-laki (LSL).
Cianjur, (ANTARA News)- Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama periode Januari-September 2018 terdapat 95 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) baru.

Jumlah ODHA dari tahun 2001 hingga 2018 berjumlah 916 orang, namun selama ini hanya sebagian yang rutin memeriksakan diri dan berobat.

Sekretaris KPA Cianjur, Hilman di Cianjur Rabu, mengatakan pada triwulan kedua atau periode Januari hingga Juni tercatat ada 57 ODHA, namun pada September angkanya sudah mencapai 95 ODHA baru.

"Jadi dalam waktu tiga bulan ada 38 ODHA baru. Kemungkinan hingga akhir tahun akan terus bertambah. Bisa lebih dari 100 ODHA baru yang ditemukan selama 2018," katanya.

Dia menjelaskan temuan akan terus ada setiap tahun sebagai bukti kinerja pencatatan dan pendataan ODHA terus dilakukan.

Dia menargetkan tahun ini pendataan akan mencapai angka maksimal hingga seluruh ODHA di Cianjur tercatat.

"Seperti fenomena gunung es, hanya sedikit di permukaan, tapi yang tidak nampak lebih banyak. Makanya kami terus bergerak mencatat dan mendata, supaya data yang tidak nampak bisa diketahui," katanya.

"Mirisnya setiap tahun ODHA baru didominasi kaum gay atau laki-laki seks laki-laki (LSL)," katanya.

Jumlah pengidap HIV/AIDS dari LSL mencapai 40 persen dari ODHA yang ditemukan setiap tahunnya dan lebihnya bervariasi dari ibu rumah tangga, pekerja seks dan lainnya.

Ia menilai angka harapan hidup dari pengidap HIV/AIDS di Cianjur, tidak dapat ditentukan berapa lama karena harus dilihat dari tingkatan penyakit dan pengobatannya.

"Jika terdeteksi dini dan rutin mengkonsumsi obat, maka harapan hidup lebih panjang, meskipun virusnya tidak akan benar-benar mati dengan obat yang ada," katanya.*

Baca juga: 20 persen ODHA di Cianjur warga usia pelajar

Baca juga: Psikiater: LGBT berisiko alami gangguan jiwa


 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018