Pertandingan kami ini saya kira bermanfaat untuk kami dan Arab Saudi. Bagi kami, melalui laga ini kami mendapatkan gambaran bagaimana menghadapi kesebelasan asal Timur Tengah
Cikarang, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia dan timnas U-19 Arab Saudi memetik manfaat dari laga persahabatan yang mempertemukan kedua tim di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Rabu.

"Pertandingan kami ini saya kira bermanfaat untuk kami dan Arab Saudi. Bagi kami, melalui laga ini kami mendapatkan gambaran bagaimana menghadapi kesebelasan asal Timur Tengah," ujar pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri usai pertandingan.

Salah satu yang menurut Indra paling terasa dari laga tersebut adalah bagaimana para pemainnya bertahan dari umpan-umpan silang.

Ini menjadi pengalaman yang bagus karena tim-tim dari kawasan Asia Barat atau Timur Tengah kerap memanfaatkan keunggulan fisik mereka yang tinggi besar untuk membuka pertahanan lawan maupun mencetak gol.

"Kami memiliki pengalaman bagaimana mengantisipasi bola-bola silang ke 'target man' lawan, dalam hal ini Arab Saudi. Mereka beberapa kali melakukan hal itu dan menurut saya kiper kami harus banyak berperan dalam kondisi tersebut," kata Indra.

Laga menghadapi tim Timur Tengah memang diperlukan oleh timnas U-19 Indonesia karena di Piala U-19 AFC 2018 yang berlangsung pada 18 Oktober-4 November 2018, selain dengan Taiwan, mereka berkompetisi di Grup A dengan Qatar serta Uni Emirat Arab.

Sementara bagi Arab Saudi, pertandingan versus Indonesia dianggap bermanfaat untuk membiasakan diri dengan cuaca di Indonesia, yang akan menjadi tuan rumah Piala U-19 Asia 2018.

"Ini pengalaman yang baik. Kami sudah di sini sejak tanggal 3 Oktober dan beradaptasi dengan cuaca tropis di sini," kata pelatih Arab Saudi Khaled Atawi. 

Selain itu, Arab Saudi juga senang dengan kesempatan menghadapi Indonesia yang memiliki karakteristik permainan cepat.

"Teknik individu pemainnya juga baik," tutur Khaled.

Sebagai informasi, di Piala U-19 Asia 2018, Arab Saudi berada di Grup D bersama Tajikistan, China dan Malaysia.

Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia sendiri takluk dengan skor 1-2 dari Arab Saudi dalam laga persahabatan internasional yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Rabu.

Dua gol dari Arab Saudi dicetak oleh Abdullah Alhamddan di menit ke-39 dan melalui titik penalti di menit ke-68. Indonesia memperkecil kedudukan berkat gol Saddil Ramdani di menit ke-45+1.

Baca juga: Indra Sjafri: Timnas U-19 masih banyak kekurangan
Baca juga: Timnas U-19 Indonesia takluk dari Arab Saudi 1-2
Baca juga: Beto-Irfan bawa Indonesia sementara Ungguli Myanmar 3-0

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018