Sekjen Guterres juga rencananya akan berkunjung ke Palu
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres tiba di Bandara Ngurah Rai,  Bali, untuk menghadiri sejumlah agenda di Indonesia termasuk Pertemuan Pemimpin ASEAN (ASEAN Leaders Gathering).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyambut kedatangan Sekjen PBB Guterres di Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu sore.

"Satu persatu delegasi pertemuan mulai tiba di Bali," tulis Retno dalam akun Instagram resminya.

Retno menjelaskan Guterres akan melakukan sejumlah pertemuan di antaranya ASEAN Leaders Gathering yang dilaksanakan di sela Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018, Kamis (11/10).

"Selain menghadiri ASEAN Leaders Gathering bersama 10 kepala negara ASEAN, Sekjen ASEAN, Presiden World Bank dan Managing Director IMF, Sekjen Guterres juga rencananya akan berkunjung ke Palu untuk melihat secara langsung kondisi di sana," tulisnya.

Retno pun mengucapkan selamat datang secara khusus kepada Guterres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah berada di Bali untuk sejumlah agenda termasuk ASEAN Leaders Gathering, yang kali ini mengangkat tema Achieving SDGs and Overcoming Development Goals Through Regional Collaborative Action.

Pertemuan tersebut akan membahas tantangan ASEAN dalam memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UNSDGs) dan untuk menyuarakan Visi ASEAN 2025.

Selain mempertemukan 10 negara ASEAN, acara yang diinisiasi Indonesia ini juga akan menghadirkan tokoh penting dunia lainnya termasuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Presiden World Bank Jim Yong Kim, dan Managing Director IMF Christine Lagarde.

Baca juga: Pemerintah siapkan kunjungan Sekjen PBB ke Palu
Baca juga: Indonesia prakarsai pertemuan ASEAN dorong pembangunan berkelanjutan

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018