Jakarta (ANTARA News) - Fox secara logistik akan merampungkan kesepakatan yang tertunda dengan Walt Disney pada 1 Januari, menurut petingginya Peter Rice.

Menurut narasumber yang hadir dalam pertemuan di properti Fox di Los Angeles, Rice menegaskan bahwa kesepakatan itu masih berlanjut hingga dirampungkan pada pertengahan pertama 2019, apakah di kuartal pertama atau kedua.

Ia mengatakan, struktur New Fox, mencakup elemen-elemen seperti tenaga kerja dan penggajian, akan rampung pada 1 Januari. Sedangkan proses regulasi yang berjalan kemungkinan akan tuntas melewati tanggal tersebut, dilansir Variety, Rabu (10/10) waktu setempat.

Rice, presiden 21st Century Fox akan bergabung dengan Disney sebagai salah satu petinggi TV, ketika kesepakatan akuisisi tersebut rampung yang diikuti oleh CFP 21st Century Fox yakni John Nallen.

Nallen akan menjabat COO New Fox, perusahaan yang akan muncul dari sisa-sisa aset Fox yang tidak diakuisisi Disney.

Rice juga menilai kondisi ketidakpastian yang timbul akibat perjanjian tersebut, yang terlihat membahayakan pada awal tahun ini ketika Comcast juga melakukan proses akuisisi yang pada akhirnya merupakan manuver gagal bagi Fox, sehingga mendorong sebagian pegawai untuk tetap di Fox dan sebagian lagi pindah di bawah naungan Disney.

Terkait hal ini, Rice dan Nallen menerima beragam pertanyaan dari para pegawai Fox baik secara online maupun langsung. Rice menjawab pertanyaan terkait Disney sedangkan Nallen merespons pertanyaan berkaitan dengan New Fox.

Beragam pertanyaan yang dilontarkan terkait posisi-posisi yang kemungkinan dipertahankan kedua perusahaan. Rice mengakui bahwa kesepakatan itu akan memicu PHK. Secara tersirat PHK itu akan menimpa pada divisi-divisi yang akan bergabung dengan Disney, dengan sejumlah unit New Fox seperti Fox Sports, Fox Broadcasting dan Fox News kurang terpengaruh.

Ketika merespons tentang risiko adanya benturan budaya kerja, Rice menyinggung bahwa Disney berhasil mengakuisisi beragam organisasi sebelumnya.

Proses akuisisi Marvel, Pixar, dan Lucasfilm dianggap berhasil mempertahankan sebagian besar budaya unik dari organisasi-organisasi tersebut.

Pertemuan internal itu merupakan pertemuan pertama dari dua pertemuan yang dijadwalkan di properti milik Fox. Beberapa pejabat tinggi Fox lainnya yang hadir dalam pertemuan itu meliputi Gary Newman dan Dana Walden dari Fox Television Group, serta John Landgraf dari FX.

Sebelumnya pada bulan ini Fox mengumumkan struktur direksi baru yang dipimpin CEO Lachlan Murdoch dan Nallen. Pada Senin, perusahaan itu mengumumkan bahwa mantan pembantu Presiden Donald Trump di Gedung Putih yakni Hope Hicks akan menjabat sebagai pimpinan komunikasi perusahaan itu pada tahun depan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018